Arti Semangka, Buah yang Ramai Dipakai untuk Dukung Palestina

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
03 November 2023 12:40 WIB
Buah semangka. (Dokumen Pixabay)

FAKTA.COM, Jakarta – Belakangan ini, warganet beramai-ramai mendukung Palestina pasca agresi Israel di Gaza. Mereka menggunakan emoji semangka sebagai bentuk dukungannya.

Menurut penelusuran FAKTA.COM dari berbagai sumber, Jumat (3/11/2023), ternyata ada kaitan yang erat antara semangka dengan Palestina. Berikut ini penjelasannya.

Semangka Bagian dari Kuliner Palestina

Mengutip bonapetite.com, semangka ini merupakan salah satu buah yang tumbuh di Timur Tengah. Menurut penelitian, buah ini berasal dari Afrika Utara, kemungkinan besar dari Sudan. Buah ini, menurut hasil meneliti naskah Ibrani, “bermigrasi” ke Timur Tengah sejak 200 M dan digunakan untuk persepuluhan bersama buah tin, anggun, dan delima.

PBB: Serangan Israel ke Jabalia Bisa Jadi Kejahatan Perang

Semangka pun menjadi salah satu bagian dari kuliner Palestina. Misalnya, fatet ajer--hidangan yang terkenal dari Gaza, Palestina. 

Fatet ajer ini berupa semangka mentah, terong, paprika, dan tomat yang dipanggan. Kemudian, ini disajikan di atas roti pipih dan diberi minyak zaitun. 

Lalu, Menjadi Simbol Protes Warga Palestina

Tren penggunaan semangka untuk mendukung Palestina belakangan ini bukanlah hal yang baru. Semangka sudah dipakai sebagai bentuk perlawanan Palestina ketika Israel menguasai Tepi Barat dan Gaza serta mencaplok Yerusalem Timur pada 1967, dikutip dari Nation Thailand.

Kemudian, pemerintah Israel kala itu melarang pengibaran bendera Palestina di depan umum. Pengibaran ini dianggap sebagai pelanggaran pidana di Gaza dan Tepi Barat.

Warga Palestina pun menggunakan semangka sebagai bentuk pertentangan terhadap kependudukan Israel di sana. Semangka dipilih karena menampilkan warna serupa dengan bendera Palestina, yaitu merah, putih, hijau, dan hitam.

Kemudian, pada 1993, Israel mencabut larangan pengibaran bendera Palestina sebagai bagian dari Perjanjian Oslo.

Joe Biden Lebih Pilih Jeda Kemanusiaan daripada Gencatan Senjata

Lalu, pada 2015, emoticon semangka dimasukkan ke keyboard. Nah, penggunaan simbol semangka ini muncul lagi pada 2021, guys, ketika para pemukin yang didukung keputusan pengadilan Israel, mengambil alih rumah keluarga Palestina di lingkungan Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur.

Pada tahun 2021, simbol tersebut muncul kembali ketika para pemukim, yang didukung oleh keputusan pengadilan Israel, mengambil alih rumah keluarga Palestina di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur.

Penggunaan simbol semangka pun semakin populer hingga sekarang. Apalagi, platform-platform media sosial seperti X dan Instagram, membatasi konten-konten yang mendukung Palestina.

Makanya, warganet kini mulai marak menggunakan buah semangka sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//