Ada Jalan Tol, Perjalanan Balikpapan ke IKN cuma 50 Menit

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
01 November 2023 18:08 WIB
Presiden dan rombongan meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023). (Dokumen BPMI Setpres)

FAKTA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus meninjau langsung progres pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN). Kali ini, yang jadi sorotan Jokowi adalah jalan tol.

Jalan tol tersebut akan menghubungkan Balikpapan ke kawasan IKN. Dalam keterangannya, Jokowi mengatakan, pembangunan jalan tol tersebut akan memangkas waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN.

"Dari sebelumnya 2 jam 15 menit menjadi hanya sekitar 50 menit saja," kata Jokowi di area proyek pembangunan Jalan Tol IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Rabu, (1/11/2023).

Pantau Pembangunan IKN, Jokowi Bakal Datang Setiap Bulan

Sebagai informasi, jarak antara Balikpapan ke IKN mencapai 57 km. Jokowi pun menilai, keberadaan tol tersebut akan mempercepat mobilitas orang dan barang nantinya ke Nusantara.

Jokowi juga mengatakan, saat ini progres pengerjaan jalan tol tersebut telah mencapai hampir 55%. Dia pun berharap jalan tol tersebut bisa dipakai pada pertengahan tahun 2024 mendatang.

Sebagai informasi, dalam proses pembangunan tol, selain infrastruktur jalan, pemerintah juga menyiapkan fasilitas dan sarana pendukungnya seperti tempat istirahat. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan ribuan pohon untuk ditanami di sepanjang jalan tol tersebut.

Pembangunan Kantor Presiden di IKN Capai 38 Persen

"Kanan kirinya ini memang ingin kita buat sehijau mungkin sehingga mulai ditanami pohon-pohon endemik Kalimantan yang kita harapkan nanti kanan-kiri jalan tol ini semuanya green, hijau semuanya, dan kita sudah siapkan 60 ribu pohon untuk jalan tol ini saja," ucap Jokowi.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//