Anies Siap Poles Hilirisasi dan Janjikan 15 Juta Lapangan Kerja Baru

Oleh Andry Winanto - fakta.com
08 November 2023 17:47 WIB
Anies Baswedan. (Tangkapan layar Youtube KPU)

FAKTA.COM, Jakarta - Bakal calon presiden (Bacapres), Anies Baswedan menyatakan komitmen untuk melanjutkan program hilirisasi yang kini telah dirintis oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut dia, upaya tersebut bermanfaat untuk bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional sekaligus upaya meningkatkan kesejahtaraan masyarakat. Namun, Anies menyebut ada beberapa hal yang perlu sentuhan ulang agar proses yang telah berlangsung dapat semakin optimal.

“Kita harus lanjutkan hilirisasi sambil mendorong reindustrialisasi,” ujarnya dalam acara sarasehan 100 ekonom di Jakarta pada Rabu (8/11/2023).

Dilema Hilirisasi dan Penerimaan Negara yang Hilang karena Insentif

Anies menjelaskan, melalui reindustrialisasi maka penyerapan tenaga kerja bisa lebih besar dibandingkan hanya mengandalkan konsep hilirisasi.

“Ini mudah-mudahan bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru minimal 15 juta di periode lima tahun ke depan,” tuturnya.

Anies juga menyinggung soal pembagian ‘kue’ investasi yang disebutnya hanya ada dalam lingkaran tertentu.

If you’re not in the club, you’re not inviting,” katanya dalam kiasan berbahasa Inggris.

'Horor' Pandemi Berlanjut, Sebanyak 7,86 Juta Orang Masih Menganggur

Lebih lanjut, mantan Menteri Pendidikan itu mengungkapkan pula jika pemerintah seharusnya memberikan insentif kepada sektor swasta untuk bisa melatih skill para angkatan kerja di perusahaan mereka. 

Dia pun menyoroti program pemerintah yang mewajibkan belajar sembilan tahun namun kebanyakan dunia usaha membutuhkan pekerja berpendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Jadi perlu sinkronisasi, dari mulai kebijakan pendidikan, kebijakan ketenagakerjaan dan libatkan sektor privat yang menguasai pelatihan,” tegasnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//