Apresiasi Pemilu 2024 Lancar, Bos BI: Posisi Kami Independen

Oleh Andry Winanto - fakta.com
22 Februari 2024 16:16 WIB
Dewan Gubernur Bank Indonesia. (Dokumen Bank Indonesia)

FAKTA.COM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan pemilu 2024 yang dinilai berjalan lancar dan damai. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo saat menggelar konferensi pers di Jakarta.

“Kita bersyukur proses pemilu berjalan lancar,” ujarnya kepada kepada wartawan kemarin (21/2/2024).

Perry menjelaskan, bank sentral memiliki peran strategis dalam perekonomian Indonesia. Meski demikan, dia menyatakan bahwa posisi BI tetap bebas dari intervensi dan siap menjalankan tugas seusai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Bank Indonesia tetap independen. Kami mempunyai mandat yang jelas sesuai dengan undang-undang, yaitu menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, sistem pembayaran, stabilitas sistem keuangan melalui kebijakan moneter dan makroprudesial,” tutur dia.

Penuhi Kebutuhan Ramadan, BI Siapkan Uang Tunai Rp197,6 Triliun

Perry menambahkan, walaupun bersifat netral tetapi amanat regulasi memperbolehkan BI membangun komunikasi kebijakan secara insentif dengan pemerintah, termasuk pemerintahan baru di penghujung 2024 mendatang.

“Komitmen kami adalah bersinergi dengan pemerintah, dan karenanya kami akan melakukan koordinasi itu dengan pemerintah untuk  mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan,” kata dia.

Resesi Jepang-Inggris Berdampak ke RI? Begini Bacaan BI

Sebagai informasi, saat ini telah terbentuk Komite Stabililtas Sistem Keuangan (KSSK) sebagai wadah dalam koordinasi dalam kegiatan ekonomi, utamanya sektor finansial. Adapun, KSSK sendiri terdiri dari Bank Indonesia, Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (LPS), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//