Bayar Utang Luar Negeri, Cadev per April 2023 Tergerus US$3 Miliar

Oleh Fakta.com - fakta.com
08 Mei 2023 06:05 WIB
Ilustrasi (Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Indonesia harus merelakan penurunan cadangan devisa (cadev) per April 2023. Pada periode ini, cadev Indonesia bernilai US$144,2 miliar.

Mengutip keterangan Bank Indonesia, Senin (8/5/2023), nilai cadev itu turun US$3 miliar dari posisi Maret 2023 sebesar US$145,2 miliar. 

"Penurunan posisi cadangan devisa pada April 2023 antara lain dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah dan kebutuhan likuiditas valas sejalan dengan antisipasi dalam rangka Hari Besar Keagamaan Nasional," tutur Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono.

Lebih lanjut, Erwin menjelaskan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,4 bulan impor atau 6,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. 

Selain itu, Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung proses pemulihan ekonomi nasional," ujar Erwin.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//