Bea Cukai Tegaskan Tidak Membuka Paket Robotic Milik Content Creator

Oleh Andry Winanto - fakta.com
29 April 2024 15:55 WIB
Bea Cukai dan DHL memperlihatkan prosedur penanganan barang impor (Foto: Fakta.com/Andry Winanto)

FAKTA. COM, Jakarta - Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani membantah pihaknya yang menjadi penyebab rusaknya kotak action figur (robotik) yang diimpor oleh salah satu content creator Indonesia. 

Menurut Askolani, Bea Cukai hanya menjadi pengawas peredaran barang yang masuk ke dalam negeri dan bukan institusi yang menerima barang tersebut. 

"Yang kami tangkap adalah konsumen tersebut masih mempertanyakan kenapa kotaknya rusak. Kalau itu tanya ke DHL (selalu perusahaan jasa titipan/PJT)," ujarnya kepada awak media saat menggelar konferensi pers di kawasan Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (29/4/2024). 

Askolani menjelaskan, PJT ini memiliki mekanisme untuk menyortir barang kiriman konsumen. Dalam prosesnya, barang kiriman tersebut dikategorikan dalam dua kelompok besar, yakni hijau dan merah.

Untuk hijau, sambung Askolani, barang kiriman berarti telah sesuai dengan aturan yang berlaku, baik dari sisi kesesuaian dokumen maupun ketetapan tarif yang berlaku.

"Kalau yang merah itu kami kasih atensi. Kami cek, apakah sesuai dokumen, sesuai isinya, serta apakah kena pembatasan dari secara volume sesuai Permendag dan juga Permenkeu sesuai barang kiriman," tutur dia. 

Pada kesempatan, yang sama Senior Technical Advisor DHL Ahmad Mohammed menyatakan telah berkomunikasi dengan konsumen yang memiliki barang robotik tersebut. Dalam keterangannya, Ahmad mengaku bisa menangani keluhan yang dimaksud dengan merunut Prosedur Operasi Standar (Standard Operating Procedure/SOP). 

"Kami sudah tunjukan CCTV bagaimana barang itu di handle, karena gampang sekali kami yang mengeluarkan dan kami juga yang masukan," kata dia.

Sebelumnya content creator Medy Renaldy sempat mengeluh lantaran paket robotiknya diterima dalam keadaan tidak semestinya. Dia bercerita jika kotak pembungkus telah rusak sehingga mengurangi kenyamanan saat akan melakukan pembuatan video. 

"Isinya bikin saya lumayan sedih, kok bisa sampai penyok dan sobek seperti ini," tulisnya di akun media sosial X @medyrenaldy_.

Untuk diketahui, cuitan Medy sempat membuat heboh jagat maya lantaran dirinya merupakan pegiat kreatif yang memiliki banyak pengikut. Hal ini turut pula mengundang perhatian Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. 

Bahkan, bendahara negara itu sudah memerintahkan jajarannya untuk menyelesaikan persoalan ini. 

"Saya telah meminta kepada Bea Cukai untuk terus meningkatkan pelayanannya," ungkap Menkeu Sri Mulyani di Instagram @smindrawati. 

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//