Bernilai Rp13 T, Bandara Dhoho di Kediri Beroperasi Januari atau Februari

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
09 Desember 2023 13:16 WIB
Menhub, Budi Karya Sumadi di Bandara Dhoho. (Dokumen Kemenhub)

FAKTA.COM, Jakarta - Bandara Internasional Dhoho resmi berdiri di Kediri. Bandara bernilai Rp13 triliun ini, akan memasuki pra operasi pada pekan depan.

Saat ini, bandara yang dibangun PT Surya Dhoho Investama, anak usaha PT Gudang Garam Tbk itu dalam proses kalibrasi. "Ini tahap awal assesment suatu bandara yang akan dilanjutkan dengan assesment lainnya, terkait keselamatan dan keamanan penerbangan," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Jumat (8/12/2023).

Gudang Garam Belum Pastikan Kenaikan Harga Rokok Tahun Depan

Budi menjelaskan, pada pekan depan akan ada tes take off landing beberapa pesawat. Jika semua proses selesai, kata Budi, Kementerian Perhubungan akan mengeluarkan rekomendasi yang akan ditindaklanjuti pengelola bandara.

Setelah itu, ada juga langkah pengajuan dari pihak maskapan untuk melayani penerbangan dari dan ke Bandara Dhoho. Selanjutnya, Kemenhub akan menetapkan maskapai dan rutenya.

"Bandara Dhoho ditargetkan bisa beroperasi secara komersial pada akhir Januari atau Februari 2024," kata Budi menambahkan.

Bandara dan Gedung BI di IKN Tambah Kontrak PT PP jadi Rp29,3 T

Sebagai informasi, pada tahap awal, Bandara Dhoho akan memiliki kapasitas terminal 1,5 juta penumpang per tahun. Kemudian, pada pembangunan tahap 2 kapasitas akan meningkat menjadi 4,5 juta penumpang per tahun, dengan kapasitas ultimate 10 juta penumpang per tahun.

"Bandara ini akan dikelola PT Angkasa Pura I (AP I)," ucap Budi.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//