Besok, PLTS Apung Cirata Bakal Diresmikan Jokowi

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
08 November 2023 14:28 WIB
PLTS Terapung Cirata. (Dokumen EBTKE ESDM)

FAKTA.COM, Jakarta - Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata bakal segera rampung. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun dijadwalkan akan meresmikan PLTS terbesar di Asia Tenggara itu.

Kabar tersebut disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Endang Sutisna, Rabu (8/11/2023). Endang mengatakan, peresmian PLTS Cirata akan berlangsung Kamis (9/11/2023).

"Itu akan jadi momentum bagi Pemerintah dan PLN dalam mendukung penggunaan energi bersih di Indonesia," ujar Endang.

Sebagai informasi, PLTS Cirata merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dimiliki oleh PLN Nusantara Power. PLTS tersebut akan dapat memberikan kontribusi terhadap NZE sebesar 245 GWh/Tahun Energi Hijau dan 214.000 Ton reduksi CO2/Tahun.

99 PLTU Batu Bara Bakal Ikut Perdagangan Karbon

Harapannya, PLTS yang berlokasi di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat itu juga mendukung pencapaian PT PLN (Persero) menuju Net Zero Emission (NZE) dan Green RUPTL.

"Dengan kapasitas yang masif untuk skala proyek pembangkit listrik tenaga surya, PLTS apung Cirata akan memberikan kontribusi penambahan bauran EBT sebagai wujud komitmen kepedulian negara terhadap lingkungan," kata Endang menambahkan.

Secara rinci, PLTS Terapung Cirata juga merupakan skala utilitas pertama di Indonesia yang memiliki kapasitas 145 MW Ac atau setara 192 MWp, menempati area waduk seluas 200 hektar, dan memiliki tarif kompetitif USD 5,8 cent/kWh. Dalam pembangunannya melibatkan komunitas lokal sebanyak kurang lebih 1.400 pekerja dari komunitas lokal sekitar proyek dan UMKM.

Selain Kendaraan Bermotor, PLTU Juga Jadi Penyebab Polusi di Jabodetabek

Proyek ini juga meningkatkan foreign direct investment di Indonesia senilai US$143 juta. Terlebih, melibatkan Masdar yang merupakan worldwide renewable company, didukung oleh tiga reputable lenders (Sumitomo Mitsui Banking Corporation, Societe Generale, dan Standard Chartered Bank).

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//