BI Ungkap Harga Properti Residensial Naik di Kuartal Terakhir 2023

Oleh Andry Winanto - fakta.com
19 Februari 2024 17:50 WIB
Ilustrasi (Foto: Dok. Kementerian Keuangan)il

FAKTA,COM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa berdasarkan Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) terdapat indikasi peningkatan harga di pasar primer pada kuartal IV/2023. 

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, SHPR di triwulan terakhir tahun lalu tercatat sebesar 1,74% year on year (yoy).

“Pertumbuhan itu tidak setinggi kuartal III/2023 yang sebesar 1,96%,” ujar dia dalam keterangan tertulis pada Senin (19/2/2024).

Menurut Erwin, penjualan properti residensial di pasar primer pada triwulan IV 2023 terindikasi meningkat cukup tinggi dibanding triwulan sebelumnya. Hal itu tercermin dari pertumbuhan penjualan sebesar 3,27% pada periode tersebut.

“Hal yang dibukukan membaik dari triwulan sebelumnya yang mengalami kontraksi sebesar minus 6,59%,” tutur dia.

Utang Bank Indonesia Melejit Jadi Rp209,43 T, Ada Apa?

Erwin menambahkan, hasil survei juga menunjukkan bahwa pembiayaan pembangunan properti residensial terutama bersumber dari dana internal pengembang dengan pangsa 72,82%. 

“Sementara dari sisi konsumen, skema pembiayaan utama dalam pembelian rumah primer adalah kredit pemilikan rumah (KPR), dengan pangsa sebesar 75,89% dari total pembiayaan,” tutup dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//