Erick Thohir Happy, 1 Juta Nasabah PNM Mekaar Naik Kelas

Oleh Andry Winanto - fakta.com
12 Februari 2024 14:10 WIB
Foto: Fakta.com/Andry Winanto

FAKTA.COM, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, jumlah nasabah Permodalan Nasional Madani (PNM) Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) kini telah mencapai 15 juta.. Menurut dia, program itu telah membawa manfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat. 

"Ada 1 juta nasabah PNM Mekaar ini sudah naik kelas," ujar dia dalam konferensi pers di Jakata pada Senin (12/2/2024). 

Erick menjelaskan, kehadiran progam ini merupakan bentuk dukungan negara untuk mendorong kemajuan pelaku usaha ultramikro maupun sektor bisnis kerakyatan lain.

Oleh karena itu, pemerintah melalui PNM, BRI, dan Pegadaian menginisiasi kehadiran lembaga pembiayaan berkesinambungan guna memenuhi kebutuhan dana masyarakat. 

Domestik Masih Menjanjikan, Ekonomi Bisa Tumbuh 5,2 Persen Tahun Ini

"Tentu kehadiran PNM, BRI, dan Pegadaian adalah untuk melayani para UMKM kita sebagai pondasi ekonomi ke depan," tutur dia. 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan rata-rata limit yang diberikan adalah sebesar Rp5 juta. Dalam perkembangannya, nilai tersebut bisa meningkatkan menjadi Rp50 juta bagi nasabah yang tercatat menunjukkan kinerja keuangan baik. 

"UMKM yang naik kelas ini bisa dilihat dari omset yang dihasilkan. Tapi, yang paling gampang adalah dari limit yang diberikan. Misalnya nasabah dari limit kredit Rp5 juta atau Rp10 juta, kini diberikan kredit sebesar Rp50 juta," kata dia. 

Untuk diketahui dari 15 juta nasabah PNM Mekaar saat ini, total dana yang telah disalurkan mencapai Rp224 triliun. Angka itu melesat jauh dari awal peluncuran program pada 2015 dengan jumlah nasabah 400.000 orang dan jumlah pendanaan Rp800 miliar. 

Adapun, target program PNM Mekaar tahun ini diharapkan bisa menggaet nasabah sampai dengan 20 juta orang. 

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//