Harga Bapok Stabil, Mendag: Terlalu Murah, Petani Bangkrut

Oleh Gin gin Tigin Ginulur - fakta.com
30 April 2024 14:33 WIB
Mendag RI Zulkifli Hasan saat meninjau Pasar Palmerah. (Foto: Dokumentasi Kemendag)

FAKTA.COM, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebut harga barang kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Palmerah, Jakarta secara umum stabil.

"Harga-harga, Alhamdulillah, bagus," kata Zulkifli Hasan saat meninjau Pasar Palmerah, di Jakarta Pusat, seperti dikutip dari YouTube Kementerian Perdagangan, Selasa (30/4/2024).

Menurut Zulhas, sapaan akrabnya, harga beras saat ini Rp12.000 per kg. Sementara harga bawang merah sudah turun dari Rp75.000 menjadi Rp65.000/kg.

"Cabai Rp60.000/kg, sedang, kalau terlalu murah petaninya bangkrut. Yang terlalu murah tadi ayam. Ayam tuh Rp29.000 gak pernah ya, terlalu murah. Telur Rp29.000/kg sedang, sesuai standar pemerintah," kata dia. 

BI Ungkap Permintaan Kredit Meningkat di Maret 2024

Lebih lanjut Zulhas mengatakan, yang masih mahal harga gula, dari Rp20.000/kg sekarang Rp19.000/kg. "Tapi itu masih mahal, 20 ke 19 (ribu). Yang lain, saya kira harganya oke,” kata Zulhas.

Zulhas mengatakan, kenaikan komoditas bawang putih sudah ditangani. “Bawang putih tadi naik sedikit. Kita sudah memberi izin impor, kita akan cek. Jika belum mengerjakan, kita beri penalti,” tandasnya.

Selain itu, Mendag menegaskan, untuk menyambut Iduladha, Kementerian Perdagangan akan selalu menjaga harga bapok stabil dan pasokan terjaga.

“Kita usaha keras agar stabilisasi harga terjaga, barang ada, suplai dan permintaan ada lengkap, dan harga juga bisa dikendalikan," kata Zulhas.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//