Ikrar Prabowo kepada Buruh: Sekolah, Kesehatan, Transportasi Gratis!

Oleh Andry Winanto - fakta.com
08 November 2023 16:06 WIB
Prabowo usai mendeklarasikan akan berpasangan dengan Gibran di 2024. (Dokumen Fakta.com)

FAKTA.COM, Jakarta - Bakal calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto menyebut telah memiliki program khusus untuk peningkatan kesejahteraan kelompok buruh. Dalam keterangannya, dia menyatakan keberpihakan dan siap menyediakan fasilitas dasar agar bisa membantu kenaikan taraf ekonomi kalangan pekerja.

“Kami akan berbicara kepada pemimpin buruh, untuk (jaminan) kesehatan tidak perlu membayar. Kemudian ada juga subsidi listrik, subsidi BBM. Lalu, sekolah dibuat juga tidak bayar. Dan selanjutnya makan siang dan angkutan transportasi kalau perlu subsidi 100%,” ujarnya dalam agenda sarasehan 100 ekonom di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Perang Visi dan Misi 3 Pasang Capres-Cawapres di Sektor Geopolitik

Menurut Prabowo, strategi ini sangat penting sebagai jalan tengah antara kepentingan pekerja dan pelaku usaha. Dia menilai, semakin banyak tuntutan dari buruh, seperti kenaikan upah/gaji, maka dapat memicu iklim usaha yang tidak kondusif.

“Jadi buruh kalau sudah dapat semuanya jangan dituntut macam-macam pengusahanya. Sebab, nanti pengusahanya bisa pindah ke tempat lain, seperti Bangladesh atau kemana, karena sebenarnya mereka gampang sekali pindah,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Prabowo juga berencana menjalankan program makan siang gratis, utamanya bagi anak sekolah, dengan estimasi anggaran Rp400 triliun.

Adu Keren Visi Misi Capres-Cawapres di Sektor Pendidikan dan Pesantren

Dia berkeyakinan inisiatif itu bisa dilakukan dengan melakukan adjustment pada anggaran pendidikan, anggaran stunting, dan juga anggaran bantuan sosial.

“Kalau sebagian anggaran tadi untuk makan anak-anak Indonesia,  ini juga bisa meringankan beban masyarakat terbawah secara keseluruhan,” tegas dia.

Prabowo pun berharap jika solusi yang diusung bisa menjadi jawaban atas isu maupun polemik upah buruh yang terus terjadi pada setiap masa pemerintahan.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//