Indonesia Dorong Reformasi Perdagangan dan Investasi di KTT APEC

Oleh Andry Winanto - fakta.com
13 November 2023 11:15 WIB
Dokumen Sekretariat Kabinet

FAKTA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebutkan baru saja tiba di Amerika Serikat (AS) untuk melakukan rangkaian agenda kerja selama pekan ini. Dikutip dari Sekretariat Kabinet @setkabgoid di laman X, diketahui bahwa kepala negara tiba di AS pada Minggu sore waktu setempat atau Senin subuh waktu Indonesia.

“Presiden Jokowi mendarat di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat, Minggu, 12 November 2023 sekitar pukul 16.20 WS atau Senin, 13 November pukul 04.20 WIB,” tulis @setkabgoid, Senin (13/11/2023).

Diketahui bahwa kepala negara baru saja menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) atau Extraordinary Islamic Summit of the Organisation of Islamic Cooperation (OIC) di Riyadh, Arab Saudi akhir pekan lalu.

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan yang turut serta dalam rombongan mengungkapkan, bahwa Presiden akan ambil bagian di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC. 

“Saya juga akan mendampingi Presiden RI bertemu Presiden AS Joe Biden,” kata Mendag.

Jokowi Akan Sampaikan Resolusi KTT OKI saat Bertemu Biden

Dia menyatakan Indonesia mendukung upaya APEC dalam membangun Kawasan Asia Pasifik yang tangguh dan saling terhubung melalui upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi.

“Indonesia hadir untuk mendorong reformasi perdagangan dan investasi yang berkelanjutan,” tuturnya.

Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan menyampaikan pula RI mengusung inisiasi ketahanan rantai pasok, ekonomi digital, konektivitas, UMKM, perubahan iklim, serta keamanan pangan dan lingkungan. 

Jokowi Akan Bertemu Joe Biden di AS Minggu Depan

“Indonesia juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa  anggota ekonomi APEC. Topik yang akan dibahas pada pertemuan bilateral tersebut meliputi peningkatan hubungan dagang hingga implementasi kerja sama perdagangan,” tegas Zulhas.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//