Inflasi Terkendali, Sektor Manufaktur Tetap Ekspansif

Oleh Fakta.com - fakta.com
03 Mei 2023 11:35 WIB
PMI Manufaktur (Kemenkeu)

FAKTA.COM, Jakarta - Perekonomian tanah air kembali mendapat angin segar. Setelah penurunan inflasi pada April ke level 4,33%, kini data terbaru menunjukkan sektor manufaktur masih dalam posisi ekspansif.

Mengutip keterangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rabu (3/5/2023), Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur menguat ke levell 52,7 dari posisi Maret 51,9. Dari angka ini, sektor manufaktur konsisten mengalami ekspansi dalam 20 bulan secara beruntun.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu menyampaikan, sentimen bisnis pada sektor manufaktur tetap menunjukkan optimisme yang kuat dan tertinggi sejak November 2022. Produsen memandang prospek pertumbuhan jangka pendek masih relatif baik untuk mendorong output produksi mereka di masa depan.

“Dengan optimisme ini, perkembangan pertumbuhan permintaan yang berkelanjutan perlu dijaga untuk menopang pertumbuhan ekonomi dan memberikan bantalan yang kuat dalam menghadapi risiko gejolak ekonomi global,” ujarnya.

Sebelumnya, BPS telah mengumumkan catatan inflasi April 2023 yang turun ke level 4,33% secara tahunan (yoy) dari posisi Maret sebesar 4,97%. Menurut Febrio, langkah antisipasi Pemerintah dalam mengatasi potensi gejolak harga pada HBKN Ramadan dan Idulfitri menunjukkan peningkatan kualitas dalam menurunkan tingkat inflasi, terutama dalam menciptakan sinergi kebijakan Pusat dan Daerah.

Febrio pun meyakinkan bahwa pemerintah terus melakukan upaya terintegrasi dalam melakukan intervensi harga dan pasokan sebagai langkah antisipasi terjadinya gejolak harga akibat permintaan yang melonjak. "Program penyaluran bantuan pangan nasional juga turut menjaga daya beli masyarakat, terutama masyarakat miskin dan rentan. Komitmen pengendalian inflasi terus diupayakan guna mendukung pencapaian inflasi sesuai dengan target 2023,” kata Febrio menambahkan.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//