Seller TikTok Shop Temui Mendag Zulhas, Ini yang Dibahas

Oleh Andry Winanto - fakta.com
11 Desember 2023 16:23 WIB
Pertemuan seller TikTok Shop dengan Mendag, Zulkifli Hasan. (Dokumen Kemendag)

FAKTA.COM, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) menerima kedatangan para penjual (seller) TikTok Shop. Pertemuan yang berlangsung hari ini (Senin, 11/12/2023), mengangkat dua isu penting. 

Pertama adalah soal rencana masuknya platform TikTok dalam kegiatan bisnis salah satu penyedia jasa perdagangan elektronik di Indonesia.

“Mendag berdiskusi dengan para seller mengenai rencana pembukaan kembali TikTok Shop setelah bergabung dengan Tokopedia,” tulis siaran resmi Kementerian Perdagangan.

Ada Layanan TikTok Shop, Begini Nasib Seller Tokopedia

Seperti diketahui, platform asal China TikTok menyuntikan investasi jangka panjang US$1,5 miliar atau setara Rp23,2 triliun (kurs Rp15.517) di PT Tokopedia.

Disebutkan bahwa keterlibatan TikTok di bisnis GoTo bertujuan untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.

“Mendag Zulkifli Hasan berharap barang yang dijual oleh UMKM akan menjadi preferensi utama,” katanya.

Lalu, isu kedua adalah terkait Permendag Nomor 31 Tahun 2023 yang dibuat untuk mengatur ekosistem perdagangan melalui sistem elektronik dalam rangka melindungi pelaku UMKM dan konsumen.

Libatkan Investasi Rp23 T, TikTok Shop Kembali Beroperasi via Tokopedia

Dalam beleid tersebut diatur penetapan harga minimum sebesar US$100 per unit untuk barang jadi yang berasal dari luar negeri yang langsung dijual oleh pedagang ke Indonesia melalui platform e-commerce.

Permendag ini diklaim mendorong e-commerce yang adil, sehat, dan bermanfaat dengan memperhatikan pemberdayaan UMKM serta pelaku usaha lokal.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//