Jaga Jarak! Uji Kecepatan KCJB Naik ke 385 Km per Jam

Oleh Fakta.com - fakta.com
22 Mei 2023 04:43 WIB
Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (KCIC)

FAKTA.COM, Jakarta - Uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung atau KCJB terus berlangsung. Dalam dua hari terakhir (19-20 Mei 2023), PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) telah melakukan uji hot sliding test.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti menyampaikan, pada pengujian 20 Mei, hot sliding test dilakukan dengan menggunakan rangkaian kereta inspeksi yang dijalankan dari Depo Tegalluar hingga ke Stasiun Halim dengan kecepatan terbatas rata-rata 60 km/jam. "Setelah dilakukan tes, KCIC bersama para kontraktor dan konsultan yang ditunjuk akan melakukan berbagai evaluasi atas data-data yang didapatkan," kata Emir dikutip Senin (22/5/2023).

Emir menambahkan, secara bertahap, pengetesan akan dilanjutkan ke fase pengujian untuk semua sistem secara terintegrasi. Bahkan, lanjut Emir, Perjalanan sarana KCJB juga secara bertahap akan ditingkatkan kecepatannya hingga mencapai kecepatan teknis maksimalnya yaitu 385 km/jam.

Setelah seluruh tahapan tersebut dilalui dengan baik, maka akan dilanjutkan dengan sertifikasi laik operasi dari Kementerian Perhubungan dan pelaksanaan trial run KCJB.

Emir menambahkan, selama masa pengujian berbagai sarana dan prasarana KCJB ini masyarakat diminta untuk tetap berhati-hati karena jumlah perjalanan KA Cepat mulai meningkat.

"Kami melihat antusiasme masyarakat sangat tinggi terhadap perjalanan perdana KA Cepat di sepanjang jalur KCJB. KCIC berharap, masyarakat tetap dapat berhati-hati, menjaga jarak, tidak bermain layangan, dan beraktivitas di dalam jalur KCJB," tutup Emir.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//