Jembatan Cibiru Hilir Beroperasi, Akses Stasiun Tegalluar-Kota Bandung Cuma 15 Menit

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
11 Agustus 2023 00:21 WIB
Dokumen Instagram @keretacepat_id

FAKTA.COM, Jakarta – Jembatan Cibiru Hilir, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat, mulai beroperasi per 10 Agustus 2023. Jembatan itu mempermudah masyarakat untuk mengakses Stasiun Tegalluar.

Perjalanan dari Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung ke Stasiun Tegalluar hanya makan waktu 15 menit melalui Jembatan Cibiru Hilir, Gelora Bandung Lautan Api, dan wilayah Summarecon. Stasiun Tegalluar pun terhubung dengan Stasiun Cimekar dan Stasiun Gedebage dengan jembatan itu.

Nantinya, infrastruktur itu juga akan terhubung ke Exit KM 149 Tol Purbaleunyi.

“Saat ini, Jembatan Cibiru Hilir sudah bisa digunakan masyarakat,” kata Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi, di Jakarta, mengutip pernyataan tertulis, Kamis (10/8/2023).

Sekadar informasi, pembangunan prasarana ini berlangsung dari November 2020—April 2021 untuk tahap I dan Maret—Agustus 2023 untuk tahap II. Jembatan Cibiru Hilir punya Panjang 734 meter dan lebar 9 meter serta memiliki jalur pejalan kaki selebar 1 meter di setiap sisi.

Selain Jembatan Cibiru Hilir, Stasiun Tegalluar juga akan terintegrasi dengan moda transportasi lain, seperti shuttle bus ke Stasiun Cimekar, Commuter Line (CL) Bandung Raya dan CL Garut melalui Stasiun Cimekar, BRT Trans Metro Pasundan, bus Damri, serta taksi konvensional dan online.

Dwiyana mengatakan, per akhir Juli 2023, pembangunan prasarana kereta cepat sudah mencapai 95,57%. Saat ini, KCIC sedang melalukan uji coba dan testing dengan kecepatan maksimal 350 km per jam.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//