Ke IKN, Jokowi Groundbreaking Balai Kota hingga Masjid Negara

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
17 Januari 2024 11:45 WIB
IKN. (Dokumen Tim Kolaborasi Pemenang Sayembara PUPR)

FAKTA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali terbang ke Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kalimantan Timur. Kunjungan Jokowi yang berlangsung hari ini (Rabu, 17/1/2024) untuk melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) sejumlah infrastruktur.

Mengutip Setkab.go.id, Jokowi telah lepas landas pada 06:30 WIB menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Mahmud Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Presiden Jokowi akan menaiki helikopter Super Puma TNI AU untuk menuju IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Termasuk di IKN, Jalan Tol Dominasi Kontrak Baru Adhi Karya

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono menyampaikan, pihaknya tengah menyiapkan groundbreaking tahap 4. Ini menandai dimulainya proses pembangunan Balai Kota dan Kantor OIKN, Memorial Park, kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), kantor LPP RRI, hotel, pergudangan dan Masjid Negara.

"Progres pembangunan fisik semakin terlihat, kami yakin dan optimistis target akan pembangunan tercapai dan investor juga akan bertambah," kata Bambang.

Sementara, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono menambahkan, ada penambahan minat investasi dari konsorsium investor Bandar Seri Begawan yang dipimpin oleh adik Sultan Brunei, Her Royal Highness Pengiran Anak Puteri Hajah Amal Rakiah yang terdiri dari gabungan perusahaan internasional terutama Arab Saudi.

"Mereka berminat investasi untuk sektor hunian, rumah tapak dan apartemen, nilai investasinya antara Rp4,6 triliun hingga Rp7 triliun," kata Agung mengungkapkan.

IKN 'Makan' APBN 2023 Rp26,7 Triliun, Ini yang Dibangun

Sebelumnya, sebanyak 23 investor pelopor dari dalam negeri telah melaksanakan groundbreaking di IKN dengan investasi non-APBN senilai Rp41,4 triliun. Pada groundbreaking tahap 1 (21-22 September 2023), nilai investasi tercatat Rp23,1 triliun.

Masih pada tahap 1, sejumlah investor telah memulai pembangunannya mulai dari mall, hotel, perkantoran, serta ruang terbuka hijau yang dipimpin oleh investor tergabung dalam Konsorsium Nusantara. Adapun Tahap 2 yang dilaksanakan pada (1-2 November 2023) dengan nilai sebesar Rp13,1 triliun.

Groundbreaking tahap 2 dilakukan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Mayapada Hospital, Pakuwon Group, JIS, Hermina, Bank Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan, dan PLN Indonesia. Pada tahap ini juga diresmikan revitalisasi SDN 020 Sepaku yang tanahnya didedikasikan oleh warga setempat.

Sedangkan tahap 3 dilakukan pada 20-21 Desember 2023 menandakan pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat Ibu Kota Nusantara (RSUP IKN) dan pembangunan Nusantara Superblock. Nilai investasinya Rp3 triliun.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//