Kenaikan Harga Gabah Buat Beras Makin Melejit

Oleh Andry Winanto - fakta.com
19 Februari 2024 19:14 WIB
Foto: Dok. Bulog

FAKTA.COM, Jakarta - Badan Pangan Nasional (Bapanas) menyatakan fluktuasi harga beras belakangan ini dipicu oleh kenaikan harga gabah. 

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, rata-rata harga gabah memiliki perbandingan 2:1 terhadap harga beras. Menurut dia, jika gabah saat ini Rp8.000/kg, maka harga beras menjadi Rp16.000/kg.

“Penyebabnya dikarenakan masa tanam yang mengalami keterlambatan akibat sehingga produksi padi belum begitu besar,” ujar dia melalui keterangan tertulis saat mendampingi Presiden memberikan bantuan pangan di Tangerang, Senin (19/2/2024).

Arief menjelaskan, pemerintah berkomitmen terus melaksanakan penguatan stok Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dalam upaya intervensi pelaksanaan stabilisasi pangan. Selain itu, dilakukan pula integrasi dari hulu sampai hilir secara end to end guna menjaga stabilitas harga.

Harga Beras Kerek Inflasi di 28 Provinsi

“Harga pangan di tingkat global juga sedang mengalami eskalasi, sehingga bukan Indonesia saja yang mengalami kondisi seperti saat ini. Dengan itu, pemerintah saat ini akan terus fokus dalam upaya menjaga dan menyeimbangkan harga dimulai dari tingkat petani hingga sampai tingkat konsumen,” tutur dia.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memberikan bantuan beras sebesar 10 kg kepada masing-masing penerima manfaat. Disebutkan bahwa dukungan pemerintah ini dimaksudkan untuk mengurangi beban masyarakat terhadap fenomena peningkatan harga.

“Kenaikan harga beras karena adanya perubahan iklim sehingga produksi berkurang dan harga naik. Pemerintah sekarang membantu dengan menyalurkan beras ini agar meringankan bapak dan ibu semuanya,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi Pastikan Stok Beras Aman, BPS: Januari Impor US$279 Juta

Adapun, penyaluran bantuan pangan sempat terhenti lantaran masa tenang pemilu 14 Februari yang lalu. Kini, bantuan pangan sudah kembali digulirkan dengan target 22 juta masyarakat berpendapatan rendah.

Mengutip informasi yang dilansir Bapanas, harga beras jenis medium saat ini dijual dalam kisaran harga Rp14.080/kg. Semetara untuk beras jenis premium dibandrol sekitar Rp16.090/kg.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//