Kesibukan Sri Mulyani di Swiss dan Unggahan Kebersamaan dengan Basuki

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
19 Januari 2024 13:37 WIB
Tangkapan layar Instagram @smindrawati

FAKTA.COM, Jakarta - Sri Mulyani Indrawati dikabarkan menjadi salah satu menteri yang akan mundur dari Kabinet Indonesia Maju. Isu ini muncul dari pernyataan ekonom senior, Faisal Basri.

Dalam kabar yang beredar, Faisal menyebut sejumlah menteri bakal mundur karena sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terkesan berpihak kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menurut klaim Faisal, yang paling siap mundur adalah Menteri Keuangan, Sri Mulyani serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Sri Mulyani dan Basuki Dikabarkan Mundur dari Kabinet, Ini Kata Istana

Hingga saat ini, kabar tersebut masih simpang-siur dan belum bisa dipastikan kebenarannya. Bahkan, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana meminta agar isu tersebut ditanyakan kepada pihak yang menyebarluaskannya.

Terlepas dari isu itu, Sri Mulyani dalam beberapa hari terakhir tengah mengikuti gelaran Wordl Economic Forum (WEF) yang berlangsung di Davos Klosters, Swiss. Beberapa kegiatannya itu dia unggah melalui akun Instagram @smindrawati.

Pada unggahan terakhir, Kamis (18/1/2024), Sri Mulyani menutup rangkaian agenda saya di Davos Klosters, dengan mendiskusikan tentang bagaimana membangun integrasi regional ASEAN melalui perekonomian digital. Menurut dia, ekonomi digital bukanlah hal asing bagi Indonesia, bahkan menjadi salah satu pilar keketuaan ASEAN Indonesia.

"Konsisten juga dengan Presidensi Indonesia pada G20 di tahun 2022 lalu, yang menempatkan perekonomian digital sebagai salah satu aspek sangat penting dalam mentransformasi perekonomian," katanya dalam unggahan itu.

Sri Mulyani di WEF: Ekonomi Digital ASEAN Menuju US$1 Triliun

Dia bahkan menyebut, potensi perekonomian digital menurut studi Boston Consulting Group (BCG) bisa mencapai US$1 triliun hingga US$2 triliun pada tahun 2030, jika bisa mengakselerasi implementasi Digital Economic Framework Agreement.

Terlepas dari kegiatannya di WEF, Sri Mulyani sempat juga mengunggah kebersamaannya dengan Basuki Hadimuljono pada 14 Januari 2024. Di sini, di menuliskan deskripsi seperti puisi yang menggambarkan bagaimana dia dan Basuki bekerja dalam Kabinet Indonesia Maju.

Begini pesan yang ditulis Sri Mulyani:

Pak Bas dan saya
Sahabat dalam kerja
Minggu lalu Hari Selasa
Di Istana Negara
Tukar pikiran dan tukar kata
Tentang membangun infrastruktur negara
Juga Ibu Kota Nusantara
Dan anggaran belanja
Yang dibutuhkannya
Yang terencana dan tertata
Wujud tanggung jawab kita
Untuk Nusa Bangsa

Lantas, apakah ini penanda isu mundurnya Sri Mulyani dan Basuki dari posisi menteri Jokowi?

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//