Lapkeu OJK dan LPS Dapat Nilai Baik dari BPK

Oleh Fakta.com - fakta.com
24 Mei 2023 04:47 WIB
Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan OJK dan LPS. (LPS)

FAKTA.COM, Jakarta - Laporan keuangan (lapkeu) Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan mendapat nilai baik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Penilaian itu tertuang dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan yang berlangsung Selasa (23/5/2023).

Secara rinci OJK meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Keuangan Tahun 2022. Opini WTP ini berhasil dipertahankan OJK sejak pertama kali menerbitkan laporan keuangan pada 2013.

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar mengatakan, OJK berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan proses bisnis dan meningkatkan tata kelola keuangan internal yang lebih baik. "Program penguatan tata kelola, telah dan akan terus dilakukan OJK sebagai bentuk komitmen kami kepada masyarakat untuk terus meningkatkan integritas dan akuntabilitas pengelolaan keuangan OJK," kata Mahendra.

Sementara itu, laporan keuangan LPS mendapat opini Wajar dalam Semua Hal yang Material. Hasil ini melanjutkan hasil pemeriksaan untuk laporan keuangan LPS selama 9 tahun berturut-turut, atau periode 2014 sampai dengan 2022.

"Kami berharap sinergi yang telah terjalin antara LPS dan BPK selama ini dapat terus dipertahankan sehingga dapat mendorong peningkatan kinerja LPS ke depan dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang." ujar Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa.

Ketua BPK Isma Yatun mengapresiasi sinergi yang telah dilakukan tim pemeriksa BPK bersama jajaran OJK dan LPS. "Sehingga seluruh proses pelaksanaan pemeriksaan dapat berjalan dengan baik, dan dapat diselesaikan tepat waktu," kata Isma mengungkapkan.

Isma juga mengatakan bahwa, kerja sama antara BPK, OJK, dan LPS merupakan bentuk komitmen bersama dalam menjaga transparansi, akuntabilitas dan integritas dalam pengelolaan keuangan.

"Pemeriksaan dilakukan untuk memberikan keyakinan kepada publik, bahwa OJK dan LPS melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, memastikan pemenuhan terhadap prinsip-prinsip tata kelola yang baik dalam pengelolaan keuangan," tutur Isma

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//