Lelang 14 Kebun di Pekanbaru Rp1,9 Triliun, PNBP Bertambah Rp76 Miliar

Oleh Andry Winanto - fakta.com
29 Desember 2023 19:13 WIB
Ilustrasi. (Dokumen Bank Indonesia)

FAKTA.COM, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) telah melelang 14 bidang perkebunan yang terletak di provinsi Riau.

Kepala KPKNL Pekanbaru, Maulina Fahmilita mengatakan total luas lahan yang dilego setara 176 juta meter persegi.

“Lelang 14 bidang perkebunan ini bernilai Rp1,9 triliun,” ujarnya melalui keterangan tertulis tengah pekan ini.

Maulina menjelaskan, pelelangan ini dipimpin oleh Erwin Cahyono dan dihadiri oleh penjual, yakni dari pihak kantor pusat Bank BRI. “Paket tanah perkebunan yang dilelang dengan cara penawaran open bidding melalui portal lelang.go.id,” katanya.

Pendapatan dalam Tren Positif, Belanja Negara Makin Optimal

Maulina menambahkan, nilai aset yang berhasil dijual cukup tinggi dan merupakan pencapaian tersendiri bagi kantor lelang pemerintah. “Hasil luar biasa sebagai penutup tahun 2023,” ujar dia.

Disebutkan bahwa negara juga mendapat pemasukan lain dari aktivitas ini, yakni pungutan transaksi jual beli.

“Dari lelang itu, kami juga berhasil membukukan Rp76 miliar sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP),” kata Maulina menambahkan.

Maulina memastikan proses lelang telah dilakukan secara terbuka dan transparan melalui website resmi pemerintah.

“KPKNL Pekanbaru berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dan menjaga integritas dalam setiap layanan yang diberikan,” ucapnya.

Target Pendapatan dan Belanja Negara 2024

Sebagai informasi, hingga 31 Mei 2023, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan telah mencatatkan transaksi lelang total sebesar Rp12,73 triliun dan menghasilkan PNBP sebesar Rp270 miliar. 

Sebelumnya, pada 2022 DJKN melaporkan nilai pokok lelang tembus hingga Rp35,23 triliun. Nilai tersebut menjadi yang tertinggi sejak 115 tahun berlangsungnya lelang di Indonesia. 

Dari nilai transaksi tersebut dihasilkan PNBP sebesar Rp850 miliar. Tercatat selama periode 2022, hasil lelang yang masuk ke kas negara sebesar Rp1,57 triliun, pajak pusat sebesar Rp266 miliar, dan pajak daerah sebesar Rp93 miliar. Sehingga total penerimaan negara termasuk PNBP lelang di tahun lalu mencapai Rp2,78 triliun.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//