Libur Nataru, Beberapa Tol Ini Bakal Kena Rekayasa Lalin

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
21 Desember 2023 08:15 WIB
Rakor penanganan arus libur Nataru. (Dokumen Kemenhub)

FAKTA.COM, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan terus bersiap menghadapi kepadatan arus lalu lintas (lalin) jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Kali ini, terkait dengan rekayasa arus lalu lintas dengan melibatkan Korlantas Polri.

Langkah itu disiapkan untuk beberapa ruas tol. Di antaranya, Tol Trans Jawa terutama pada titik Tol Jakarta-Cikampek Km 47, Tol Cisumdawu, Jalur tol Jakarta-Cikupa yang menuju Banten maupun Pelabuhan Merak, hingga Tol Semarang-Bawen.

"Korlantas nantinya akan memutuskan penerapan cara bertindak melalui rekayasa lalu lintas baik itu contra flow, one way, maupun cara lainnya secara situasional. Dengan melihat tingkat perhitungan kepadatan kendaraan atau volume to capacity (VC) Ratio," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Rabu (20/12/2023).

Puncak Lalu Lintas Libur Nataru 22-23 Desember 2023

Atas kondisi itu, Budi mengimbau pengguna jalan tol memanfaatkan potongan tarif tol pada waktu-waktu yang telah ditetapkan pada beberapa pintu tol, untuk menghindari kepadatan di hari puncak arus mudik maupun balik.

Dalam kesempatan yang sama, Kakorlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan menyebut, penerapan rekayasa lalu lintas akan dilakukan pada jalur krusial sesuai perhitungan VC Ratio. "Titik krusial pada jalur tol Jakarta-Cikampek yaitu Km 47 merupakan pertemuan jalur layang MBZ dan jalur di bawah; Km 72 dan Km 87 yang terdapat penyempitan jalan/bottleneck," ujar Aan.

Menata Liburan Nataru yang Sudah di Depan Mata

Sementara, Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Triono Junoasmono atau Yongki menambahkan, jalur tol sepanjang 151,2 km akan berfungsi secara fungsional untuk mendukung kelancaran lalu lintas libur Nataru tahun ini.

Sebagai informasi, selain melibatkan Korlantas Polri dan Kementerian PUPR, Kemenhub juga turut melibatkan Jasa Marga, Kemenko PMK dan unsur terkait lainnya dalam menyiapkan sejumlah upaya mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//