Masih Kurang Rp346,9 Triliun, Target Investasi Bakal Tercapai?

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
21 Desember 2023 06:49 WIB
Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia. (Dokumen Kementerian Investasi/BKPM)

FAKTA.COM, Jakarta - Target investasi tahun ini masih kurang Rp346,9 triliun. Angka ini mengacu pada realisasi investasi periode Januari-September 2023 yang telah mencapai Rp1.053,1 triliun.

Menurut data Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi dalam sembilan bulan itu baru tercapai 75,2% dari target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rp1.400 triliun.

Menjelang penutupan akhir tahun, Kementerian Investasi/BKPM langsung mengimbau pelaku usaha untuk menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) periode kuartal IV (Oktober-Desember) atau semester II (Juli-Desember) 2023. Laporan ini bisa disampaikan mulai 20 Desember 2023 hingga 10 Januari 2024 melalui situs oss.go.id di menu Pelaporan.

Serap Investasi Rp167 Triliun, KEK Berpotensi jadi Destinasi Dunia

Menurut Staf Khusus Kementerian Investasi/BKPM, Tina Talisa, penyampaian LKPM melalui sistem Online Single Submission (OSS) memiliki prinsip Self Declaration, di mana pelaku usaha berkuasa penuh dalam mengisi perkembangan realisasi investasinya sendiri.

"Sehingga kami dapat memantau perkembangan realisasi investasi perusahaan dan fasilitasi apabila menemui hambatan," ujar Tina, Rabu (20/12/2023).

Tina juga menyampaikan bahwa Kementerian Investasi/BKPM akan memberikan pendampingan terkait pengisian LKPM untuk menghindari kesalahan dalam pengisian data realisasi investasi oleh pelaku usaha.

Investasi Asing Rp1 Triliun Masuk ke Kawasan Industri Batang

Pendampingan ini disebut juga sebagai ‘Klinik LKPM’, yang berupa konsultasi gratis secara daring yang dibuka dengan kuota terbatas setiap harinya dalam periode masa pelaporan.

"Klinik LKPM dilaksanakan mulai hari ini hingga 10 Januari 2024. Silakan teman-teman pelaku usaha memanfaatkan fasilitas ini, khususnya pelaku usaha kecil yang wajib melaporkan usahanya pada semester II ini," kata Tina menambahkan.

Sebagai tambahan informasi, Kementerian Investasi/BKPM secara aktif berkolaborasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di Provinsi/Kabupaten/Kota untuk terus melakukan sosialisasi kepada para pelaku usaha terkait dengan cara pengisian LKPM online ini.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//