Perbandingan Kata Anies soal Lahan Prabowo Vs LHKPN

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
07 Januari 2024 22:42 WIB
Anies singgung lahan milik Prabowo. (Tangkapan layar Youtube KPU)

FAKTA.COM, Jakarta - Calon Presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan menyinggung Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang memiliki tanah seluas 340 ribu hektare. Pernyataan Anies disampaikan saat menyampaikan pidato pembuka dan membahas Kementerian Pertahanan yang dipimpin Calon Presiden nomor urut 2 itu.

Dalam pidatonya, Anies mengatakan, Kementerian Pertahanan yang punya anggaran Rp700 triliun justru membeli alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang bekas, sementara banyak tentara tidak memiliki rumah dinas.

Dia lantas menyindir Prabowo yang punya lebih 340 hektare lahan (sebelum akhirnya diklarifikasi menjadi 340.000 hektare.

Pernyataan Anies tentu saja menyulut emosi Prabowo. Prabowo mengatakan, "Itu pun salah, mas Anies. Jangan pakai data yang salah," kata Prabowo.

Dari sepanjang Debat Pilpres jilid III ini, perdebatan antara Anies dan Prabowo itu menjadi salah satu yang paling menarik perhatian. Lantas, berapa sebenarnya lahan yang dimiliki Prabowo?

Prabowo Sindir Anies: Kerja Jangan Omong-Omong Doang

Mengutip data Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), Prabowo terakhir kali melaporkan hartanya pada 18 Oktober 2023. Di sini, salah satu data yang tertera adalah aset tanah dan bangunan.

Berikut rinciannya:

Dari data itu, maka jika dijumlahkan total tanah (tanpa luas bangunan) yang dimiliki Prabowo sebanyak 82.488 meter persegi atau setara dengan 8,25 hektare.

Di sisi lain, selain tanah dan bangunan, Prabowo memiliki alat transportasi mesin senilai Rp1,26 miliar, harta bergerak lainnya Rp16,41 miliar, surat berharga Rp1,7 triliun, serta kas dan setara kas Rp47,81 triliun. Dengan begitu, total harta kekayaan Prabowo per 18 Oktober 2023 yang dilaporkan melalui LHKPN mencapai Rp2,04 triliun.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//