Pertumbuhan Mandek 5 Persen, Ini Strategi Pemerintah Kejar Target Negara Maju

Oleh Andry Winanto - fakta.com
07 Februari 2024 07:02 WIB
Ilustrasi (Foto: Fakta.com)

FAKTA.COM, Jakarta - Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian menyatakan  bahwa pemerintah telah menyiapkan sejumlah strategi khusus untuk tetap dapat merealisasi target menjadi negara maju pada 2045 mendatang. 

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa salah satu yang kini difokuskan adalah menggenjot sektor industri yang terintegrasi dengan sektor perdagangan. Menurut dia, integrasi ini sudah terbukti mendorong angka pertumbuhan di negara maju. 

"Ini yang kemudian disebut dengan servisifikasi, terutama dengan memanfaatkan teknologi digital," ujar dia dalam konferensi pers di Jakarta. 

Airlangga menjelaskan, kombinasi ini akan mendorong sektor tersebut naik dari sekitar 20% menjadi 31% terhadap perekonomian.

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2023 Capai 5,05 Persen

Lebih lanjut dia juga mengungkapkan jika pemerintah akan berupaya untuk meningkatkan angka rasio investasi terhadap produk domestik bruto (PDB) atau Incremental Capital Output Ratio (ICOR).

"Pertama kita harus meningkat ICOR, karena dibandingkan dengan negara lain kita masih tinggi sekitar 6 lebih sedikit. Nah, kalau kita bisa turunkan ke 4 maka pertumbuhan kita bisa naik ke 6% atau 7%," tutur dia. 

Airlangga menganggap kalau tingginya level ICOR Indonesia cukup wajar lantaran pemerintah masih dalam proses pembangunan secara masif. 

"Infrastruktur itu tidak langsung (jadi) tapi itu memakan waktu. Jadi saat infrastruktur semua terbangun kemudian kita punya logistik yang lebih baik maka kita bisa menggenjot pertumbuhan (yang sejalan) dengan perbaikan ICOR," kata dia. 

Jelang Rilis Pertumbuhan Ekonomi, Airlangga Singgung Peran Daerah

Sebagai informasi, Incremental Capital Output Ratio atau ICOR adalah ukuran level efisiensi yang dimiliki sebuah negara. Apabila negara tersebut memiliki angka ICOR yang semakin rendah, maka menunjukan efisiensi dan biaya investasi yang semakin baik. ICOR ini juga menjadi acuan untuk memotret kemudahan berusaha dan juga kondisi ketenagakerjaan. 

Adapun, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) menyebut bahwa Indonesia setidaknya harus meraih pertumbuhan ekonomi 6% sampai 7% untuk bisa menjadi negara maju pada 2045 mendatang. Sementara rata-rata pertumbuhan ekonomi  dalam lima tahun terakhir dikisaran 5%.

Terakhir, laporan Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan pertumbuhan ekonomi pada sepanjang 2023 adalah sebesar 5,05%.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//