Prabowo Janjikan Makan Siang Gratis Rp400 T Jika Terpilih Presiden

Oleh Andry Winanto - fakta.com
08 November 2023 15:38 WIB
Prabowo Subianto. (Dokumentasi: Instagram/@prabowo)

FAKTA.COM, Jakarta - Bakal calon presiden (Bacapres), Prabowo Subianto memaparkan program kerja ekonomi jelang pemilihan presiden 2024 mendatang. Dalam penjelasannya, salah satu yang paling konkrit adalah soal pemberian makan siang gratis bagi masyarakat.

“Program ini sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh banyak negara. India misalnya dengan pendapatan per kapita yang hanya setengah dari kita tapi mereka berani kasih makan ke anak-anak. Mereka juga punya The White Revolution, yaitu membagikan susu yang sudah 25-30 tahun,” ujar dia dalam agenda sarasehan 100 ekonom di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Prabowo dan Puja-puji Tipis Jokowi

Menurut Prabowo, inisiatif ini sekaligus jawaban nyata untuk mengatasi isu stunting di Indonesia, karena memilih target utama anak-anak usia sekolah. Dia pun memastikan jika negara memiliki kemampuan untuk menyediakan pendanaan sekitar Rp400 triliun atas hal tersebut.

“Alokasi anggaran untuk stunting, alokasi untuk pendidikan, alokasi untuk perlindungan sosial itu sangat-sangat besar. Kalau sebagian anggaran untuk makan anak-anak Indonesia ini juga bisa meringankan beban masyarakat terbawah secara keseluruhan,” tuturnya. 

Keponakan Luhut di Sudut Prabowo-Gibran

Mengutip informasi yang disiarkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) diketahui bahwa alokasi anggaran pendidikan dalam APBN 2023 adalah sebesar Rp612,2 triliun. Anggaran jumbo itu merupakan amanat konstitusi yang menetapkan 20% belanja negara untuk sektor edukasi.

Lalu, anggaran perlindungan sosial atau perlinsos tercatat sebesar Rp476 triliun, serta anggaran stunting sebesar Rp30,4 triliun.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//