Resmi Beroperasi, Jokowi Ajak Masyarakat Gunakan LRT

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
28 Agustus 2023 05:15 WIB
Presiden Jokowi meresmikan LRT Jabodebek. (Dokumen Setkab)

FAKTA.COM, Jakarta - Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek resmi beroperasi. Pemerintah berharap masyarakat bisa beralih ke transportasi massal ini untuk menekan polusi dan kemacetan di Jakarta. 

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan kereta api ringan LRT terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika meresmikan LRT Jabodebek di Stasiun LRT Cawang, mengutip setkab.go.id, Senin (28/08/2023).

Jokowi: LRT Jabodebek Beroperasi 26 Agustus

Jokowi mengatakan LRT ini memiliki jalur sepanjang 41,2 kilometer. Pembangunannya menelan biaya Rp32,6 triliun. Dia mengharapkan masyarakat beralih ke transportasi umum, seperti LRT, untuk mengurangi kemacetan dan polusi.

“Kita harapkan masyarakat berbondong-bondong beralih ke LRT, baik yang dari Cibubur dan sekitarnya maupun Bekasi dan sekitarnya, sehingga kemacetan di jalan bisa hindari dan juga polusi bisa kita kurangi,” kata dia.

Jokowi Sebut Tarif LRT Perlu Disubsidi

Mantan gubernur DKI Jakarta ini melanjutkan, ada 996 ribu kendaraan yang masuk ke Jakarta setiap hari. Ratusan ribu kendaraan itu menambah polusi dan kemacetan. Makanya, Jakarta masuk ke daftar kota termacet di dunia.

“Kita selalu masuk sebagai 10 besar kota yang termacet di dunia. Setiap hari masuk 996 ribu kendaraan ke Jakarta, setiap harinya. Oleh sebab itu, macet, polusi juga selalu ada di Jakarta,” kata dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//