Serap Investasi Rp167 Triliun, KEK Berpotensi jadi Destinasi Dunia

Oleh Andry Winanto - fakta.com
13 Desember 2023 17:58 WIB
Evaluasi kinerja KEK. (Dokumen Kemenko Perekonomian)

FAKTA.COM, Jakarta - Kawasan Ekonomi  Khusus (KEK) telah memberikan kontribusi investasi sebesar Rp167,2 triliun hingga memasuki kuartal IV-2023. Dari jumlah itu, ada pembukaan lapangan kerja baru sebanyak 113.038 orang secara kumulatif.

Fakta itu terungkap saat Sekjen Dewan Nasional KEK, Susiwijono Moegiarso menghadiri Rapat Kerja Nasional KEK di Sheraton Belitung Resort yang berlokasi di KEK Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (12/12/2023).

Susiwijono mengatakan, capaian itu menjadi bukti perekonomian nasional memiliki fundamental yang kuat. “Kawasan Ekonomi Khusus dapat menjadi destinasi dari investasi besar dunia,” ujarnya.

Investasi Masuk Rp8,5 Triliun, Tenaga Kerja KEK Bertambah 10.918

Susiwijono menjelaskan, KEK menghadirkan kepastian, kejelasan, dan kemudahan implementasi kebijakan serta diharapkan dapat meningkatkan kualitas iklim investasi. 

“Kita semua berharap KEK bisa semakin banyak menggaet investor masuk,” katanya.

Bernilai Rp30 Triliun, Kawasan Industri Pupuk Fakfak Segera Dibangun

Susiwijono menambahkan, rencana KEK 2024 ditargetkan mampu mendukung penerapan hilirisasi, realisasi investasi, hingga penambahan jumlah pelaku usaha dan penyerapan tenaga kerja yang cukup signifikan. 

“Kepada pemangku kepentingan KEK dari seluruh penjuru Indonesia, baik dari pemerintah pusat, daerah, maupun pelaku usaha untuk bisa mengevaluasi dan merumuskan strategi untuk meningkatkan kinerja guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” ucap Susiwijono.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//