Sosok 'Trio Srikandi' yang ‘Kawal’ Jokowi di KTT APEC

Oleh Andry Winanto - fakta.com
16 November 2023 17:05 WIB
Dokumen Instagram @smindrawati

FAKTA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui tengah mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2023 yang digelar pada sepanjang pekan ini. Perhelatan KTT APEC 2023 mengambil tempat di San Fransisco, Amerika Serikat dengan dipimpin langsung tuan rumah Presiden Joe Biden.

Pada rangkaian acara, sejumlah pejabat RI telah lebih dulu hadir untuk mengikuti agenda pendahulu.

Di tengah padatnya jadwal pertemuan, terdapat tiga sosok perempuan nasional yang mengusung misi berbeda namun tetap dalam satu kepentingan Indonesia.

Pertama adalah Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati yang fokus pada peningkatan kerja sama ekonomi. Dalam pernyataannya, bendahara negara mempromosikan kebijakan pemerintah menuju pembangunan berkelanjutan dengan ditopang peningkatan produktivitas.

Indonesia Dorong Reformasi Perdagangan dan Investasi di KTT APEC

Dalam prakteknya, Sri Mulyani menekankan pada aspek sustainable finance yang kian relevan dengan isu perubahan iklim dan transisi energi.

“Aspek keuangan adalah aspek yang luar biasa pelik dan rumit, terutama untuk membiayai transisi energi dari sebuah negara. Indonesia menjadi salah satu yang cukup detail soal sustainable finance karena kita memiliki komitmen untuk mendorong transisi energi menuju ekonomi hijau,” kata dia melalui keterangan tertulis tengah pekan ini.

Sosok kedua adalah Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi. Sejawat Sri Mulyani di kabinet itu bertugas untuk memastikan proses dan prosedur protokoler berjalan sesuai rencana. Terlebih, KTT APEC 2023 merupakan forum puncak yang dihadiri oleh berbagai pimpinan negara di kawasan.

Misi penting lain yang diemban oleh Retno Marsudi adalah mengamankan jalur-jalur diplomasi yang diusung oleh para delegasi RI. Malahan, Menteri Luar Negeri dua periode itu berhasil menorehkan prestasi tersendiri.

“Indonesia adalah satu-satunya negara yang diundang Amerika Serikat untuk melakukan kunjungan bilateral di Washington DC, menjelang KTT APEC,” ujar Retno usai pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih.

Isu Modern Supply Side Muncul di APEC, Apa Itu?

Adapun, srikandi ketiga adalah Shinta Widjaja Kamdani. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) ini mewakili kalangan pelaku usaha dengan misi utama mempererat kerja sama bisnis.

Melalui akun Instagram @shintawidjajakamdani, puteri dari pengusaha senior Sukamdani Sahid Gitosardjono itu memberikan pernyataan.

“Senang sekali dapat bergabung dengan para pemimpin bisnis serta pemerintah dari berbagai negara, bertukar pikiran, dan membuka wawasan terhadap begitu banyak hal terkait inovasi yang sudah, sedang, dan akan mentransformasi dunia usaha di masa depan,” tutur dia.

Shinta juga berkesempatan membagikan beberapa insight terkait perkembangan partisipasi perempuan Asia dalam kepemimpinan.

“Berbagai tantangan harus dihadapi untuk mencapai gender parity, hingga inovasi apa saja yang telah dihasilkan untuk mengatasinya,” tegas Shinta.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//