3 Langkah Atasi Anak yang Tantrum di Tempat Umum

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
23 April 2024 19:20 WIB
Anak yang sedang tantrum biasanya akan menjerit atau menangis. (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta – Seorang anak bisa saja mengalami tantrum kapan pun dan di mana pun. Lalu, bagaimana jika dia mengalami tantrum di tempat umum?

Anggota Unit Kerja Koordinasi Tumbuh Kembang Pediatri Sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia, Dr. dr. I Gusti Ayu Trisna Windiani, Sp. A (K), mengatakan tantrum merupakan kondisi saat emosi anak meledak. Anak biasanya meluapkan emosi dengan berteriak atau menangis.

Kondisi ini biasanya terjadi pada anak berusia 18 bulan-4 tahun. Tantrum ini terjadi pada anak kapan pun dan di mana pun.

Jika anak mengalami tantrum di tempat umum, Trisna mengatakan ada tiga langkah yang harus dilakukan orang tua. Pertama, membawa anak ke tempat yang aman dari perhatian banyak orang.

Kelamaan Main Gadget Bisa Picu Anak Tantrum

“Jangan di tempat ramai sehingga menjadi tontonan. Amankan dia dari orang lain,” kata dia dalam Seminar Media "Tantrum: Bagaimana Mencegah dan Mengatasinya?" pada Selasa (23/4/2024).

Langkah kedua, ketika anak sudah merasa aman, sebaiknya orang tua mendiamkan anak terlebih dahulu. Tujuannya agar anak bisa meluapkan emosinya.

“Orang tua enggak usah malu. Diamkan dulu. Kasih waktu,” kata dia.

Langkah ketiga, memberi tahu anak pelan-pelan ketika emosi anak mereda. “Ketika habis tenaga, dia akan pelan-pelan menurunkan tantrum. Barulah kita kasih tahu, (misalnya), ‘Adek ini tidak boleh, tidak cocok’,” kata Trisna.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//