Agung Podomoro Kembali Jual Mall ke Perusahaan Jepang

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
27 September 2023 09:32 WIB
Neo Soho Mall. (Dokumen Agung Podomoro)

FAKTA.COM, Jakarta - PT Agung Podomoro Land Tbk kembali menjual asetnya kepada investor asal Jepang. Kali ini melibatkan Neo Soho Mall, Jakarta melalui PT Tiara Metropolitan Indah (TMI).

Melalui keterangan Tertulis, Corporate Secretary Agung Podomoro, Justini Omas menyampaikan, aset Neo Soho Mall dijual kepada PT NSM Assets Indonesia (NSMAI). Harganya Rp1,44 triliun.

"Harga itu merupakan nilai pasar yang wajar dan termasuk PPN," kata Justini.

Penjualan Mobil Kembali Melesat

Dana hasil penjualan itu digunakan TMI untuk penyertaan saham baru dalam NSMAI. Jumlahnya 28,58% dari seluruh modal yang diterbitkan dan disetor.

Dengan begitu, NSMAI akan dimiliki oleh NSM Asset Japan LLC (NSMAJ) dan TMI dengan porsi masing-masing 71,43% dan 28,58%. Adapun NSMAJ dimiliki secara langsung oleh Hankyu Hanshin Properties Coporation (HHP) Jepang.

Justini menjelaskan, HHP sebelumnya telah membangun kemitraan strategi dengan Agung Podomoro. "Melalui transaksi penjualan Central Mall Park pada 2022," ujarnya.

Pertamina Mau Ubah Investasi dari Minyak ke Carbon Capture dan Gas Alam

Dia juga menyampaikan, hasil penjualan Neo Soho Mall tersisa Rp850 miliar. Dana ini, kata Justini, digunakan untuk melunasi utang Agung Podomoro kepada Bank Danamon.

Sebagai tambahan informasi, Justini menegaskan, transaksi penjualan Neo Soho Mall merupakan bagian strategi jangka panjang untuk memperkuat bisnis.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//