Gratis Lima Bulan, Tarif Baru Tol Indralaya-Prabumulih Hingga Rp170 Ribu

Oleh Muhammad Yazid - fakta.com
05 Februari 2024 14:09 WIB
Dokumen Hutama Karya

FAKTA.COM, Jakarta - PT Hutama Karya (Persero) selaku operator jalan tol seksi Indralaya-Prabumulih bakal memberlakukan tarif baru untuk fasilitas infrastruktur tersebut. Sebelumnya, sejak di buka pada 30 Agustus 2023 silam, penggunaan jasa jalan tol sepanjang 64,5 kilometer tersebut Rp0 alias gratis.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, penetapan tarif ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 194/KPTS/M/2024. “Kami mencatat kendaraan yang melintas di jalan tol ini rata-rata sebanyak lebih dari 5400 kendaraan/hari," kata dia dalam rilisnya, Senin (5/2/2024).

Melalui PII, Pemerintah Jamin Sejumlah Proyek Infrastruktur Rp411 Triliun

Sebagai informasi, jalan ton Indralaya-Prabumulih dibangun oleh PT Hutama Karya dengan investasi mencapai Rp12,5 triliun. Akses infrastruktur tersebut memperluas aksesibilitas logistik dan mobilitas masyarakat dari Prabumulih ke Palembang dan sebaliknya.

Semula, perjalanan dari dan ke kedua wilayah tersebut membutuhkan waktu tempu sekitar 2 jam melalui jalan non-tol. Dengan akses tol seksi Indralaya-Prabumulih, waktu yang dibutuhkan warga hanya menjadi 45 menit.

Namun, Tjahjo tidak merinci waktu pemberlakukan tarif baru tersebut. Ia hanya mengatakan,"Akan menetapkan tarif dalam waktu dekat."

Yang jelas, berdasarkan SK Menteri PUPR tersebut, tarif tol Simpang Indralaya-Prabumuli dan sebaliknya yaitu Rp85 ribu untuk golongan 1 dan Rp127.500 untuk golongan 2 dan 3. Sedangkan untuk golongan tiga tarif yang berlaku yaitu Rp170 ribu.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//