Holding UMi Mulai Bertaji, Tabungan Masyarakat Terkumpul Rp1,5 Triliun

Oleh Andry Winanto - fakta.com
10 Januari 2024 19:23 WIB
Holding UMi. (Dokumen PNM)

FAKTA.COM, Jakarta - Holding Ultra Mikro (UMi) mulai mendapat respons masyarakat melalui produk simpanan. Holding  yang terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI), Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) itu mencatat produk tabungan UMi telah menembus Rp1,5 triliun.

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari mengatakan capaian itu merupakan refleksi dari peningkatan penetrasi inklusi keuangan di tengah masyarakat. 

“Tabungan ini ditunjang oleh fasilitas permodalan usaha yang banyak dimanfaatkan nasabah,” ujarnya dalam siaran pers hari ini, Rabu (10/1/2024).

Kredit UMKM Masih Rendah, Jokowi Minta Regulasi Dipermudah

Menurut Supari, tabungan UMi membuka kesempatan luas bagi kalangan yang selama ini belum mendapat akses keuangan. Dia menyebut tujuan akhir dari upaya perseroan adalah mewujudkan pemerataan, inklusi, dan pemberdayaan masyarakat.

“Harapannya, dengan meningkatnya tabungan maka dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada grass root," kata dia.

Gandeng Kementerian Agraria, BI Bantu UMKM Punya Sertifikat Tanah

Supari menjelaskan, sejak meluncur pada 2017 tabungan UMi saat ini sudah menjaring 13,53 juta nasabah. Adapun, per akhir Desember 2023 jumlah debitur holding tercatat 37 juta atau tumbuh 22% secara tahunan (year on year/yoy).

Untuk diketahui, Tabungan UMi hadir untuk melayani khusus masyarakat ultra mikro, utamanya nasabah eksisting Pegadaian dan PNM serta belum mempunyai rekening simpanan di BRI.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//