Ikut Salurkan KUR, BCA Minta Bantuan ke Jamkrindo

Oleh Andry Winanto - fakta.com
29 Januari 2024 06:10 WIB
Gedung BCA. (Dokumen BCA)

FAKTA.COM, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) ternyata kebagian tugas untuk menyalurkan kredit usaha rakyat alias KUR. Namun bank milik Grup Djarum ini tak bisa bekerja sendiri.

Untuk itu, BCA mengikat kerja sama dengan PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo). Menurut Direktur BCA, John Kosasih mengatakan kolaborasi dua entitas ini diharapkan bisa membantu program pemerintah dalam memperluas akses pembiayaan kepada UMKM.

"Melalui kerja sama ini, kami dapat melakukan ekspansi bisnis tanpa khawatir dan tetap menjaga kualitas penyaluran kredit," ujar dia dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (28/1/2024). 

John menjelaskan, sektor UMKM memiliki potensi yang sangat besar untuk memajukan perekonomian nasional. 

"Kami berharap dapat terus meningkatkan penyaluran KUR BCA sehingga UMKM Indonesia dapat menghasilkan produk-produk unggulan dan memasarkan produknya tidak hanya di pasar domestik tetapi juga internasional," tutur dia.

Hasil Stress Test BI: Perbankan Kuat Hadapi Ketidakpastian

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Penjaminan Jamkrindo, Henry Panjaitan mengungkapkan pihaknya berkomitmen untuk fokus terhadap kemajuan sektor UMKM. 

"Kami berharap dukungan dari BCA dalam hal akses ke pembiayaan kelak bisa menjadi kunci sukses dalam pertumbuhan dan kemajuan ekonomi, serta perkembangan UMKM," kata dia. 

Sebagai informasi, BCA bisa memberikan KUR kepada pelaku usaha mikro dan menengah hingga Rp500 juta dengan bunga 6%.

Menanti Perbankan Menurunkan Bunga Kredit

Adapun pada periode 2023, emiten dengan sandi saham BCA itu membukukan pertumbuhan KUR 24% year on year (yoy).

Sementara untuk rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) diklaim hanya sebesar 0,7%. Sementara untuk tahun ini, BCA memasang target penyaluran KUR naik 11% yoy dari realisasi 2023.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//