Kegiatan Usaha Triwulan III 2023 Tetap Kuat

Oleh Andry Winanto - fakta.com
13 Oktober 2023 04:43 WIB
Ilustrasi kegiatan usaha. (Dokumen Bea Cukai)

FAKTA.COM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa kinerja kegiatan dunia usaha pada triwulan III 2023 tetap kuat. Hal itu terungkap berdasarkan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang dilakukan baru-baru ini.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan bahwa Saldo Bersih Tertimbang (SBT) tercatat sebesar 15,65%. 

“Kinerja kegiatan usaha yang tetap kuat didukung oleh kinerja beberapa lapangan usaha (LU) yang meningkat, termasuk pertambangan dan penggalian karena faktor musiman, industri pengolahan didukung oleh permintaan yang masih terjaga, serta konstruksi seiring masih berlangsungnya proyek domestik,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (13/10/2023).

Sinyal Kuat Fed Fund Rate Naik, BI Kudu Piye?

Menurut Erwin, Sejalan dengan kinerja kegiatan dunia usaha yang kuat, kapasitas produksi terpakai pada triwulan III 2023 tercatat sebesar 75,17%, meningkat dari 74,88% pada triwulan sebelumnya. 

“Sementara itu, penggunaan tenaga kerja tetap berada dalam fase ekspansi meski melambat dan kondisi keuangan dunia usaha secara umum juga tetap dalam kondisi baik, meski tidak setinggi triwulan sebelumnya,” tutur dia.

Erwin menambahkan, pada triwulan IV 2023 responden memperkirakan kegiatan usaha masih tumbuh kuat dengan SBT sebesar 13,08%. Disebutkan jika kegiatan usaha yang tetap kuat diperkirakan terjadi pada LU perdagangan besar dan eceran, dan reparasi mobil dan motor, transportasi dan pergudangan, serta penyediaan akomodasi dan makan/minum.

PMK 96/2023 Dipercepat, Impor Barang E-Commerce Makin Ketat

“Hal ini didorong permintaan dalam negeri yang meningkat pada periode libur Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan tahun baru,” tutup dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//