Libatkan Investasi Rp23 T, TikTok Shop Kembali Beroperasi via Tokopedia

Oleh Andry Winanto - fakta.com
11 Desember 2023 12:08 WIB
Ilustrasi. (Dokumen Pexels)

FAKTA.COM, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk mengonfirmasi kerja sama dengan TikTok. Di sini, TikTok akan menjali kemitraan dengan PT Tokopedia melalui suntikan investasi US$1,5 miliar atau setara Rp23,2 triliun (asumsi nilai tukar Rp15.517 per US$).

Melalui keterangan tertulis, GoTo menyampaikan, keterlibatan TikTok di bisnis GoTo bertujuan untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.

“Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh Tokopedia,” bunyi keterangan manajemen GoTo, Senin (11/12/2023).

Dipastikan jika suntikan dana dari TikTok tidak mengakibatkan dilusi saham lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia. 

“Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek,” kata manajemen GoTo menambahkan.

BEI Telusuri Kebenaran Rencana GoTo dan TikTok

GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut.

Lebih lanjut, program akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 bertepatan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Ke depan, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang. 

TikTok Shop Buka 10 November? Begini Jawaban Kementerian Perdagangan

Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan  ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi Perseroan  untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market).

Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//