Bagaimana Prakiraan Cuaca Selama Mudik Lebaran 2024?

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
02 April 2024 21:33 WIB
Ilustrasi hujan. (Dokumen Pixabay)

FAKTA.COM, Jakarta - Sebentar lagi periode mudik Lebaran 2024 akan dimulai. Bagaimana dengan prakiraan cuaca selama mudik Lebaran 2024?

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, mengatakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan mengguyur Indonesia pada 3-9 April 2024. Meskipun hujan ringan hingga sedang, Dwikorita tetap mengingatkan masyarakat terhadap potensi banjir.

Waspada Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Pemudik Pantau Informasi Cuaca

Kemudian, pada 10-16 April 2024, cuaca di Indonesia akan cerah hingga berawan.

Setelah itu, hujan akan kembali mengguyur sebagian wilayah Indonesia bagian utara dan tengah. “Kemudian pada 17-23 April, (hujan) intensitas ringan hingga sedang,” kata dia dalam rapat kerja dengan Komisi V tentang persiapan mudik 2024, dikutip dari siaran Youtube DPR RI, Selasa (2/4/2024).

Sementara itu, pada periode Lebaeran 2024, ketinggian gelombang di perairan Indonesia dalam kategori rendah, yaitu 0,5 meter-1 meter. Namun, ada juga yang mencapai hingga 2,5 meter seperti perairan Sabang hingga Mentawai dan Selat Bali.

BMKG: Waspada Puting Beliung saat Musim Pancaroba

Dwikorita juga menambahkan, BMKG menyediakan teknologi modifikasi cuaca untuk mengantisipasi dampak cuaca selama mudik Lebaran dan perayaan Idul Fitri. Modifikasi ini meliputi meningkatkan intensitas hujan, mempercepat hujan, hingga mengurangi pertumbuhan awan hujan.

Teknologi ini dilakukan dengan menyebar bibit penyemaian untuk membentuk kristal es di awan. Dengan begitu, jumlah butir air di awan bisa meningkat.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//