3.454 Personel Gabungan Siap Amankan Peringatan Hari Buruh 1 Mei 2024

Oleh Gin gin Tigin Ginulur - fakta.com
30 April 2024 19:31 WIB
Ilustrasi polisi. (Fakta.com/Dwi Arief Hidayat)

FAKTA.COM, Jakarta - Polda Metro Jaya mengerahkan 3.454 personel untuk mengamankan aksi May Day di Jakarta, Rabu (1/5/2024).

"Ada 3.454 personel gabungan Polda Metro Jaya, Polres jajaran, Kodam Jaya, dan Pemprov DKI yang siap mengamankan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum dan juga kegiatan perayaan hari buruh," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi dalam keterangannya, Selasa (30/4/2024).

Menurut Ade, para buruh rencananya bakal menggelar aksi terlebih dahulu di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha alias Patung Kuda Indosat, Gambir, Jakarta Pusat. Aksi kemudian berlanjut ke Stadion Madya, Senayan Jakarta Pusat.

"Petugas kami ada di lapangan, masyarakat tidak perlu khawatir, akan dilakukan pengamanan terbuka dan tertutup," ujarnya.

Wapres-Menteri Haji Arab Saudi Bahas Tambahan Kuota Haji Indonesia

Ade menambahkan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pun mempersiapkan rekayasa lalu lintas yang diterapkan secara situasional. Oleh karenanya, dia mengimbau kepada massa agar bisa menjaga ketertiban dan keamanan.

"Imbauan kami bagi yang ingin menyampaikan pendapat mohon dilakukan secara aman, damai, dan tertib, saling menghormati satu sama lain, melakukan aktivitas di tempat yang umum, dan kami siap melakukan pengamanan dan pengawalan," jelasnya.

Puluhan ribu buruh dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan menggelar aksi di sekitar Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/5/2024) mulai pukul 09.30 hingga 12.30 WIB.

"Setelah itu, pukul 12.30 massa aksi 50.000 buruh akan bergerak dari Istana ke Istora Senayan untuk merayakan May Day Fiesta,” ujar Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam siaran persnya.

Menurut Said, ada dua isu utama yang akan diusung dalam aksi ini. Pertama, mencabut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Kedua, Hostum, yang merupakan singkatan dari "Hapus Outsourcing Tolak Upah Murah".

Said berharap, melalui momentum Hari Buruh Internasional, Presiden terpilih, Prabowo Subianto dapat memperhatikan dua isu utama tersebut.

"Partai Buruh dan KSPI menyambut dan menyetujui dengan penetapan KPU yang telah menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang telah resmi menjadi Presiden RI dan Wakil Presiden Indonesia yang akan dilantik pada bulan Oktober 2024," tegas Presiden Partai Buruh itu.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//