Gunung Ruang Kembali Erupsi, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 5 Kilometer

Oleh Gin gin Tigin Ginulur - fakta.com
30 April 2024 12:05 WIB
Gunung Ruang. (Dokumen BNPB)

FAKTA.COM, Jakarta - Gunung Ruang di Tagulandang Kabupaten Sitoru Sulawesi Utara kembali erupsi, Selasa (30/4/2024) pagi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM melaporkan, erupsi gunung tersebut terjadi pukul 08.35 WITA.

"Terjadi erupsi G. Ruang pada hari Selasa, 30 April 2024, pukul 08:35 WITA tinggi kolom abu teramati ± 5000 m di atas puncak," tulis PVMBG di akun X, Selasa (30/4/2024).

Terkait aktivitas vulkanis terbaru di Gunung Ruang, PVMBG kembali menaikkan status gunung tersebut dari level III (Waspada) menjadi level IV (Awas).

"Tingkat aktivitas G. Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara dinaikan dari level III (Siaga) ke level IV (Awas)," tulisnya lagi.

Gunung Ruang 'Meraung', Ratusan Warga Mengungsi

Dalam postingannya, PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada, dan tidak memasuki wilayah radius 7 km dr pusat kawah aktif.

Selain itu, masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang, yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar kawasan rawan bencana (KRB) itu.

Masyarakat juga diimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

"Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan dan tsunami akibat material erupsi yang masuk kelaut/runtuhnya tubuh gunungapi ke dalam laut," demikian imbauan PVMBG.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//