4 Fakta Menarik Kemenangan Jonatan Christie dalam All England 2024

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
18 Maret 2024 13:34 WIB
Sang juara tunggal putra All England 2024, Jonatan Christie. (Dokumen PBSI)

FAKTA.COM, Jakarta - Jonatan Christie mengakhiri puasa gelar Indonesia dalam tunggal putra All England Open 2024. Dia keluar sebagai juara setelah mengalahkan rivalnya, Anthony Sinisuka Ginting.

Jonatan Christie memenangi pertandingan final All England melawan sesama wakil Indonesia, Anthony Ginting. Dalam pertandingan selama 55 menit, dia mengantongi skor 21-15 dan 21-14. Sekadar informasi, pertandingan itu digelar di Utilita Arena Birmingham, Inggris pada Minggu (17/3/2024).

Mengutip laman Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Senin (18/3/2024), Jonatan Christie sendiri tidak menyangka bisa memboyong gelar All England 2024 untuk tunggal putra.

"Puji Tuhan, sangat bersyukur atas yang Tuhan berikan terutama di minggu ini. Tidak pernah menyangka untuk bisa jadi juara di All England. Ini juga gelar Super 1000 pertama saya. Pasti sangat-sangat berharga," kata dia.

Atlet Indonesia Sabet Belasan Medali di Kejuaraan Karate Portugal

Nah, berbicara tentang kemenangannya, ternyata ada sejumlah fakta menarik kemenangan Jonatan Christie dalam All England 2024, lho. Ini rinciannya berdasarkan penelusuran FAKTA.COM dari berbagai sumber.

Akhiri Puasa Gelar Indonesia pada Tunggal Putra All England 2024

Fakta menarik kemenangan Jonatan Christie yang pertama adalah mengakhiri puasa gelar selama 30 tahun. Sekadar informasi, Indonesia memboyong gelar piala All England terakhir kali pada 1994. Kala itu, pertandingan itu dimenangkan oleh wakil Indonesia, Hariyanto Abi.

Ulang Sejarah 30 Tahun

Yang kedua, pertandingan Jonatan Christie melawan Ginting, mengulang sejarah Indonesia dalam turnamen bulu tangkis.

"Yang lebih berharga lagi, saya dan Anthony, tim tunggal putra akhirnya kami bisa mengulang sejarah 30 tahun lalu," kata dia.

Pada 1994, dua wakil Indonesia, Hariyanto Abi dan Ardy Wiranata, bersaing untuk menyabet juara All England.

Jawara Bulu Tangkis Indonesia Terus Berguguran di Ajang Asian Games

Jadi Pemain Keenam dari Indonesia yang Sabet Gelar Juara Tunggal Putra

Fakta menarik kemenangan Jonatan Christie yang ketiga adalah dia menjadi pemain keenam Indonesia yang menjuarai All England dari tunggal putra. Sebelum Jojo, ada lima pemain tunggal putra Indonesia yang menjuarai turnamen itu, yaitu Tan Joe Hok, Rudy Hartono, Liem Swie King, Ardy Wiranata, dan Hariyanto Abi.

Angkat Trofi Bersama Ginting

Keempat, angkat trofi bersama Ginting. Ketika naik podium, ternyata suami Shania Junianantha juga mengajak Ginting untuk berfoto bersama.

Jonatan Christie (kanan) mengangkat trofi juara bersama runner up, Anthony Sinisuka Ginting (kiri). (Dokumen PBSI) Jonatan Christie (kanan) mengangkat trofi juara bersama runner up, Anthony Sinisuka Ginting (kiri). (Dokumen PBSI)


Dikutip dari PBSI, Ginting pun turut memberikan selamat kepada Jonatan Christie atas kemenangannya. Dia mengakui lawan mainnya bermain sangat baik. 

"Selamat buat Jonatan," ujar Ginting.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//