4 Fakta Menarik Napoli Juarai Liga Italia Serie A 2022/2023

Oleh Fakta.com - fakta.com
05 Mei 2023 09:40 WIB
Para pemain Napoli (Twitter @en_sscnapoli)

FAKTA.COM, Jakarta - Napoli berhasil mengunci gelar juara (scudetto) Liga Italia Serie A meski bermain imbang melawan Udinese 1-1 di Stadion Friuli, Udine, Jumat (5/5/2023). Atas hasil itu, tim asuhan Luciano Spalletti mengunci 80 poin dari 33 pertandingan atau berjarak 16 poin dari Lazio yang berada di posisi ke-2.

Liga Italia Serie A sendiri masih menyisakan lima pertandingan. Namun dengan jarak poin tersebut, Lazio hanya bisa mengumpulkan maksimal 15 poin.

Fakta.com merangkum setidaknya empat fakta menarik atas kepastian Napoli menjuarai Serie A 2022/2023. Berikut rangkumannya.

1. Penantian 33 tahun

Sebelum memastikan gelar scudetto tahun ini, Napoli terakhir kali menjuarai Liga Italia Serie A pada 1990. Saat itu Napoli masih dihuni legenda sepak bola Argentina Diego Armando Maradona.

2. Memastikan juara di pertandingan ke-33

Angka 33 bisa menjadi angka keramat bagi Napoli. Selain penantian selama 33 tahun, Napoli juga memastikan scudetto Liga Italia Serie A 2022/2023 pada pertandingan ke-33 atau masih menyisakan lima pertandingan.

3. Klub pertama yang memastikan juara di liga top Eropa

Di antara liga top eropa seperti Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Jerman, Liga Prancis, hingga Liga Belanda, Napoli menjadi satu-satunya klub yang sudah memastikan juara. Di Liga Inggris sendiri, Manchester City dan Arsenal masih berpeluang saling 'sikut' di posisi teratas. Begitu juga di Liga Jerman yang persaingannya masih cukup ketat.

Lionel Messi dkk di PSG pun masih harus berjuang menjaga jarak dari Marseille dan Lens. Sementara Feyenord yang berada di posisi satu klasemen masih dibayangi PSV, Ajax, dan AZ Alkmaar. Adapun Barcelona tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk menjuarai Liga Spanyol.

4. Victor Osimhen jadi pemain Afrika dengan gol terbanyak di Serie A

Gelar juara Napoli juga menjadi gelar tersendiri bagi penyeranganya yakni Victor Osimhen. Pemain asal Nigeria tersebut menyamai rekor gol George Weah sebagai pemain asal Benua Afrika di Serie A. Sejak bergabung dengan Napoli pada 2020, Osimhen telah mencetak 46 gol.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//