Berkat Kemenangan di Mandalika, Bagnaia Pertahankan Posisi Puncak MotoGP

Oleh Muhammad Yazid - fakta.com
16 Oktober 2023 04:47 WIB
Dokumen MotoGP

FAKTA.COM, Jakarta - Pertamina Grand Prix of Indonesia yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit menghadirkan persaingan ketat antara dua pebalap utama, yakni Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team dan Jorge Martin dari Prima Pramac Racing. Bagnaia bisa mempertahankan posisinya di puncak klasemen MotoGP berkat Kemenangannya dalam seri RAC di Sirkuit Mandalia, pada Minggu (15/10/2023), 

Saat ini, Francesco Bagnaia alias Pecco bertengger di puncak klasemen MotoGP 2023 dengan perolehan 346 poin. Dia unggul 18 poin dari saingan terberatnya, Jorge Martin yang mengemas 328 poin.

MotoGP Mandalika Saksi Persaingan Ketat Francesco Bagnaia dan Jorge Martin

Posisi Pecco sejatinya sempat merosot ke posisi kedua, setelah Jorge meraih kemenangan dalam seri SPR Pertamina Mandalika International Circuit yang digelar pada Jumat (13/10/2023). Namun, posisi tersebut dapat direbut kembali, setelah Bagnaia memenangi adu balap seri RAC.

Martin terjatuh di lap 12

Ajang adu cepat kuda besi ini berlangsung dramatis karena Jorge Martin sempat memimpin dalam 11 lap pertama. Saat itu, Bagnaia berada di posisi ketiga di belakang Maverick Vinales (Aprilia Racing).

Tapi, di tikungan 11, motor Jorge Martin tergelincir. Harapannya untuk merebut 25 poin sekaligus mempertahankan posisi puncak klasemen kandas sudah.

Jelang MotoGP, Desa Wisata Mandalika Perbanyak Kamar Homestay

Bagnaia juga terus memacu motornya karena masih berada di posisi kedua di belakang Vinales. Hasilnya pada putaran ke-17, ia pun berhasil menyalip pebalap dari Aprilian Racing tersebut.

Hingga balapan berakhir, Bagnaia berhasil memimpin dengan catatan waktu 41 menit 20,293 detik. Sementara, Vinales berhasil menyusul di posisi kedua dengan tambahan waktu 0,306 detik, lalu Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) diposisi ketiga dengan selisih waktu 0,433 detik dengan Bagnaia.

Tiga Fakta Menjelang Penyelenggaraan MotoGP Mandalika

Setelah GP Indonesia, para pebalap MotoGP akan kembali adu cepat kecepatan di Grand Prix Australia. Rencananya, ajang tersebut akan digepar pada pada 20 – 22 Oktober 2023 mendatang.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//