Deretan Menteri dan Wamen Pendukung Capres 2024: Terbanyak PraGib

Oleh Riezky Maulana - fakta.com
05 Februari 2024 19:47 WIB
Kabinet Indonesia Maju saat foto bersama. (Dok Sekretariat Presiden)

FAKTA.COM, Jakarta - Peta politik menjelang hari H pemungutan suara, 14 Februari 2024 kian terlihat. Para menteri dan wakil menteri yang ada di Kabinet Indonesia Maju (KIM) secara terang-terangan menyatakan dukungannya di Pilpres 2024 ini.

Terbaru adalah Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang memilih dukung paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Luhut mengumumkan keberpihakannya, Sabtu (3/2/2024) lalu.

Sehari sebelumnya, Mahfud MD mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). Langkah itu dia pilih setelah bertemu Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Sebagai informasi, kabinet yang saat ini dipimpin Jokowi berisikan sejumlah pimpinan partai politik, birokrat dan teknokrat. Tapi, ada beberapa orang, yang tak berafiliasi dengan partai menjatuhkan pilihan terhadap salah satu paslon.

Erick Thohir bisa menjadi salah satu contohnya. Menteri BUMN ini menjatuhkan pilihan terhadap Prabowo-Gibran.

Ada pula menteri yang masih menjabat, tapi partai politik tempatnya bernaung berbeda gerbong dari kebanyakan pihak. 

Anies Klaim Rakyat Ingin Perubahan, Prabowo Minta Maaf, Ganjar Singgung Politik Dinasti Politik

Sebut saja, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang merupakan anggota Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar (NasDem). Dua partai menteri ini mengusung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar selaku capres-cawapres.

Kemudian Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Abdullah Azwar Anas. Partai mereka, PDIP, mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD di pesta demokrasi 2024 ini.

Redaksi Fakta.com coba merangkum nama menteri dan wakil menteri pendukung capres yang ada di Kabinet Indonesia Maju pada Pilpres 2024.

Berdasarkan catatan yang dihimpun, paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran mendapat dukungan terbanyak dari para menteri.

Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

Paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Di kubu paslon nomor urut 1 yang akrab disapa AMIN, ada nama Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Dirinya memang tak tercatat di kepengurusan Timnas AMIN, namun, ketua umum partai tempatnya bernaung, Muhaimin Iskandar menjadi cawapres.

Keberlanjutan Jadi Alasan Luhut Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Hal yang sama juga berlaku bagi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar. Dia adalah kakak dari cawapres Muhaimin.

Kemudian, ada nama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar. Partainya, NasDem, mengusung Anies Baswedan sebagai capres.

Paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran

Prabowo-Gibran menjadi yang terbanyak disokong oleh jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Di bidang menteri koordinator, ada dua nama tersohor, yakni Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.

Terkhusus untuk Airlangga, yang bersangkutan mendapat posisi strategis di Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, yaitu Ketua Pengarah.

Ada pula nama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum PAN. PAN adalah salah satu partai yang tergabung dalam koalisi pemenangan Prabowo-Gibran.

Menteri BUMN Erick Thohir juga sama, menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo-Gibran. Bahkan, di debat keempat Pilpres 22 Januari lalu, Erick ikut di area panggung mengenakan jaket biru langit ciri khas TKN.

Anies Sebut Bansos Bukan untuk Kepentingan Pemberi tapi yang Diberi

Nama eks Wakil Menteri BUMN, Rosan Roeslani juga menghiasi jajaran penyokong Prabowo-Gibran. Bahkan, dia didapuk sebagai Ketua TKN.

Kini dia telah mengundurkan diri dari jabatannya. Posisi Wakil Menteri BUMN digantikan oleh Kartika Wirjoatmodjo.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga juga ada di barisan pendukung Prabowo-Gibran. Jerry ditunjuk sebagai Wakil Komandan Fanta untuk menggaet suara pemilih muda.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi yang merupakan Ketua Umum Projo juga memilih dukung Prabowo-Gibran. Sama dengan Budi Arie, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia juga sama.

Kendati demikian, keduanya tak masuk ke jajaran pengurus inti TKN. Untuk posisi wakil menteri, ada sosok Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.

Dirinya adalah Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, yang merupakan partai pengusung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 ini. Di TKN, dirinya menjabat sebagai wakil ketua.

Nama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman juga tak ketinggalan menjatuhkan pilihan kepada paslon nomor urut 2. Pada Jumat 2 Februari lalu, Andi Amran ikut Prabowo berkampanye di Makassar, Sulawesi Selatan.

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni juga menjadi bagian dari tim kampanye. Posisinya cukup strategis yakni Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran.

Hal itu dikarenakan, partai politik tempatnya berasal, PSI, menjadi bagian dari Koalisi Indoenesia Maju. Di samping itu, ketua umum partai berlambang mawar merah itu, Kaesang Pangarep adalah adik kandung Gibran.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo juga tercatat memilih paslon nomor urut 2. Hal itu diketahui dari beberapa kesempatan Dito ikut dalam kampanye yang berkaitan dengan Prabowo-Gibran.

Salah satunya, saat Apel Akbar TKN Muda di Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2024). Dito juga tercatat sebagai kader Partai Golkar.

Paslon Nomor 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berada di pihak Ganjar-Mahfud. Sebab, dia adalah Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PPP.

Ganjar Datang Pertama ke Lokasi Debat, Anies Berjas, Prabowo Pakai Rompi Biru

PPP menjadi salah satu partai politik yang mengusung pasangan GaMa. Sandi mendapat posisi sebagai Dewan Pakar Tim Pemandangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Wakil Menteri Parekraf Angela Tanoesoedibjo juga menjadi bagian yang sama dengan Sandiaga Uno. Sosok yang menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) Perindo ini mengisi posisi Wakil Ketua TPN.

Barisan menteri yang berafiliasi dengan paslon nomor urut 3 tapi tak masuk struktur organigram TPN ada Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini, MenPAN RB Abdullah Azwar Anas, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Pramono Anung adalah bekas Sekjen PDIP. Pada rapat mingguan TPN Ganjar-Mahfud di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023), Megawati selaku ketum sempat membawa Pramono Anung.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//