Ditanya Soal Oposisi, Anies Masih Singgung Kemungkinan Pilpres Dua Putaran

Oleh Gin gin Tigin Ginulur - fakta.com
14 Maret 2024 12:58 WIB
Anies Baswedan. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

FAKTA.COM, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 01 Anies Baswedan masih bicara kemungkinan adanya putaran kedua pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Anies menyampaikan pendapat tersebut saat ditanya mengenai sikapnya untuk menjadi oposisi jika kalah dalam Pilpres 2024.

“Kalau ternyata hasilnya berubah gimana? Kalau ternyata ada putaran kedua gimana? Kalau ternyata hasilnya berbeda gimana? Jadi tunggu tanggal 20 baru kemudian nanti kita akan sampaikan (sikap oposisi atau tidak),” ujar Anies kepada wartawan, Rabu (13/3/2024).

Meski KPU belum mengumumkan secara resmi hasil Pilpres 2024, sejauh ini perolehan suara Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nyaris tak terkejar dua paslon lainnya.

Maklumat Ramadan Kapolda Metro Jaya, dari Larangan Berkumpul hingga Konvoi

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memang berada urutan kedua, namun perolehan suaranya terpaut jauh dari Prabowo-Gibran. Sementara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi paling buncit.

Anies mengatakan, dalam proses pemilu akan selalu ada pemenang untuk berada di pemerintahan dan yang kalah sebagai oposisi. Kedua posisi itu, kata Anies, sama-sama penting dalam demokrasi.

“Saya pernah katakan bukan di debat (Pilpres 2024)? Debat pertama saya bilang, bahwa jangan sampai kita tidak tahan berada di posisi oposisi,” ujar Anies.

Hingga saat ini, KPU masih melakukan proses rekapitulasi Pilpres 2024. Berdasarkan jadwal, penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat nasional paling lambat diumumkan 20 Maret 2024.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//