Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PraGib Tembus Magic Number 50,7%

Oleh Riezky Maulana - fakta.com
31 Januari 2024 14:10 WIB
Paslon nomor burur 2, Prabowo-Gibran. (Dok Instagram @prabowo)

FAKTA.COM, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan hasil survei terbarunya. Paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menempati posisi teratas elektabilitas dengan angka 50,7%.

Merujuk angka tersebut, kemungkinan besar Pilpres 2024 akan berlangsung satu putaran. Kemudian, di urutan kedua ada paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang memperoleh 22 persen.

Urutan ketiga ada Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan perolehan elektabilitas sebesar 19,7%.

"Posisi pasangan 02 Prabowo-Gibran di angka 50,7%. Jadi elektabilitas Prabowo-Gibran sudah mencapai atau sudah melewati magic number untuk satu putaran," tutur Peneliti Senior LSI Denny JA, Adjie Al Faraby dalam paparan surveinya ditulis Rabu (31/1/2034).

Adjie menuturkan bahwa dalam survei yang dilakukan 3 bulan terakhir, terlihat pasangan Menteri Pertahanan dan Wali Kota Solo itu selalu ada di posisi pertama. Pada survei awal November, elektabilitas keduanya sudah ada di angka 40,3%.

Berlomba Mencari Cara Menang Satu Putaran Saja

Beralih ke akhir November, naik hampir tiga persen menjadi 42,9%. Di awal Desember, imbuh Adjie, PraGib sempat turun elektabilitasnya ke angka 41,2%.

Kemudian di akhir Desember naik lagi ke angka 42,3%. Survei dua terakhir sebelum ini, menunjukkan kenaikan cukup besar yaitu sekira 3,3%, menjadi 46,6%.

"Dari survei survei sebelumnya, 3 bulan terakhir. Kalau kita liat datanya memang pasangan Prabowo-Gibran konsisten di nomor 1 peraih dukungan terbesar," jelasnya.

Sebagai informasi, Survei LSI Denny JA terbaru dilakukan pada 16-26 Januari 2024. Metode penentuan sampel yakni multi stage random sampling.

Responden survei berjumlah 1.200. Adapun teknik pengumpulan data yakni wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner dengan margin of error +-2,9%.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//